Raih PPD Terbaik Pertama, Kota Yogya Jadi Acuan Pemkot Depok

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menerima kunjungan kerja dari Pemkot Depok. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Mohammad Idris menyampaikan kunjungannya tersebut dalam rangka studi tiru karena Kota Yogya pada tahun 2022 berhasil meraih peringkat pertama pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

“Kami dari Pemkot Depok ingin belajar, bagaimana Pemkot Yogya dapat meraih peringkat pertama pada ajang 

PPD tahun 2022," katanya di ruang Yudistira Balaikota Yogyka, Jumat (6/10/2023).

Senentara itu Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo menyambut baik kunjungan dari Pemkot Depok tersebut. "Terimakasih karena telah menjadikan Kota Yogya sebagai tempat dilakukannya kunjungan kerja," jelasnya.

Terkait dengan diraihnya PPD tahun 2022, Singgih mengatakan inovasi yang mengantarkan Kota Yogya meraih penghargaan tersebut adalah kampung sayur.

"Ini berangkat dari upaya untuk mendukung ketahanan pangan melalui program urban farming yang bernama kampung sayur," ujarnya.

Menurutnya capaian yang diraih tidak terlepas dari peran, kerjasama, dan sinergi seluruh stakeholder pembangunan di Kota Yogya.

“Semangat untuk terus berinovasi sangat penting serta kolaborasi aktif antar unsur stakeholder 5K yaitu kota, kampung, komunitas, korporat, dan kampus agar program-program pembangunan terus bisa digerakkan,” tutupnya.

Singgih mengungkapkan dalam pembangunanya Kota Yogya fokus pada pembangunan sumber daya manusia, karena Kota Yogya memang tidak punya sumber daya alam dan luasnya terbatas. 

"Sehingga kekuatan utamanya ada pada sumber daya masyarakat yang sehat dan cerdas. Hal ini bisa kita lihat melalui angka IPM Yogya mencapai 87,18 dan menduduki peringkat pertama di Indonesia sejak 2010 sampai 2021” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya acara kunjungan tersebut dapat menjalin silahturahmi antara Pemkot Yogyakarta dan Pemkot Depok. (Han)