Memaknai Serbuan Kotabaru Ajak Anak Bangsa Berprestasi

Gondokusuman - Memperingati peristiwa bersejarah Serbuan Kotabaru 7 Oktober 1945 yang ke-78 Tahun 2023 digelar upacara peringatan, Sabtu (7/10) bertempat di Lapangan Asrama Korem 072 Pamungkas. Bertindak selaku  Inspektur Upacara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogya Yunianto Dwi Sutono yang secara simbolis menyalakan obor pada prasasti Serbuan Kotabaru.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mengatakan, Serbuan Kotabaru merupakan gerakan bersenjata rakyat Indonesia yang pertama kali setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Peringatan ini dilakukan sebagai upaya mengenang dan menghargai semangat juang pahlawan bangsa dalam menegakkan dan membela Negara Indonesia yang telah diproklamasikan.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Serbuan Kotabaru berlangsung khitmat.

“Mudah-mudahan dengan mengenang dan menghargai jasa para pahlawan bisa menanamkan pada diri kita semua makna sebuah semangat hidup yang dilandasi oleh kemauan dan berkorban demi membela kepentingan bersama, yaitu kehormatan dan kejayaan  bangsa serta negara kita tercinta,”jelasnya.

Sementara itu, saat ditemui, Sekretaris DHC Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Yogyakarta Sarjono mengungkapkan, pentingnya makna Hari Serbuan Kotabaru adalah sifat keinginan dan pertahanan para pejuang untuk menjadikan Indonesia tetap merdeka.

Hal ini selaras dengan kondisi sekarang, dimana generasi muda juga harus menerapkan sifat tersebut melalui prestasi dan sifat menghormati antar sesama.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogya Yunianto Dwi Sutono secara simbolis menyalakan obor pada prasasti Serbuan Kotabaru.

“Makna pejuang kita sedemikian konsisten dengan keinginan merdeka dan mempertahankan kemerdekaan. Kita harus meneruskan proklamasi itu dan diwujudkan dalam keseharian. Mengisi kemerdekaan dengan berbuat baik terhadap orang lain dan negara. Sehingga menjadi anak bangsa yang berprestasi membawa nama baik dan bekerja dengan baik dimanapun berada,”ungkapnya.

Dengan melibatkan para perwakilan siswa-siswi SMP-SMA se Kota Yogyakarta harapannya, generasi muda dapat memaknai kemerdekaan dengan menyalurkan semangat melalui prestasi dan jiwa nasionalisme terhadap bangsa negara.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Yogyakarta dan diikuti anggota TNI, Polri, ASN serta veteran. (Hes)