Festival Angkringan 2023 Dorong Ekonomi Kreatif di Kota Yogya

Kraton-Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya menutup Festival Angkringan yang telah berlangsung sejak tanggal 6-8 Oktober 2023 di Plaza Pasar Ngasem.

Meski baru pertama kali digelar, festival yang diramaikan oleh 45 gerobak angkringan tersebut sejak dibuka tidak pernah sepi dari para pengunjung. 

Hal tersebut dibuktikan dengan bangku panjang yang disediakan di sekitar gerobak tak pernah sepi dari pembeli. Para pedagang terus sibuk melayani pembeli. Rata-rata, pedagang membawa menu khas angkringan mereka masing-masing.

Puluhan gerobak angkringan yang saling berdampingan ini memajang berbagai menu nasi kucing. Ciri khas lainnya, yakni ceret atau ketel air yang dipanaskan di tungku dengan menggunakan bara api dari arang. 

Beragam menu angkringan bisa ditemukan dalam festival ini. Seperti nasi kucing dengan berbagai lauk, aneka sate, gorengan, aneka minuman hangat, makanan ringan, hingga jajanan pasar tradisional ada disini.

Selain dapat menikmati berbagai menu angkringan, para pengunjung juga dimanjakan dengan penampilan live music dari seniman muda Kota Yogyakarta.

Beragam menu angkringan bisa ditemukan dalam festival ini. 

Usai menutup acara tersebut, Aman menyempatkan berkeliling diarea tersebut dan menjajal beberapa menu angkringan. Menu favoritnya adalah nasi sambal teri yang dipadukan teh panas gula batu.

Aman berharap festival ini dapat menjadi trigger semakin eratnya kolaborasi sektor perdagangan dan ekonomi kreatif maupun pariwisata.

"Diharapkan acara ini dapat dilaksanakan secara kontinyu setiap tahunnya, dengan tujuan mendorong potensi pasar rakyat sebagai penggerak ekonomi kreatif dan pendukung event pariwisata di Kota Yogya," ujarnya. (Han)