Kuatkan Sektor Pariwisata, Pemkab Belitung Bertandang ke Kota Yogya

Umbulharjo-Sekda Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. 

Hendra mengatakan kunjungannya tersebut selain untuk meningkatkan silaturahmi juga dalam rangka studi tiru tentang bagaimana menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama saat dilanda pandemi Covid-19.

“Seperti yang kita tahu bersama, saat pandemi kemarin Kota Yogya pertumbuhan ekonominya stabil, terutama untuk UMKM dan ekonomi kreatif yang terus bertumbuh meski dilanda krisis, termasuk juga sektor pariwisatanya yang terus meningkat. Inilah kenapa kami ingin belajar dari sini, untuk diterapkan juga di Kabupaten Belitung,” terangnya di ruang Yudistira, Selasa (10/10/2023).

Jajaran Pemkot Yogya dan Pemkab Belitung saat bertukar cindera mata.

Sementara itu Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya sangat menyambut baik kunjungan dari jajaran Pemkab Belitung ini. "Terimakasih karena telah menjadikan Kota Yogyakarta sebagai tempat dilakukannya kunjungan kerja," jelasnya.

Ia mengungkapkan Kota Yogya adalah kota pariwisata dan budaya. Namun, lanjutnya, Kota Yogya tidak hanya mengandalkan wisata saja.

Menurutnya kehidupan Kota Yogya juga tidak lepas dari UMKM. Para pelaku UMKM sudah teruji selama pandemi tetap bisa eksis. Hal itu dilihat dari pertumbuhan ekonomi di Yogya yang tetap tumbuh saat masa pandemi.

“Ini karena para pelaku UMKM mampu eksis. UMKM kami memang sudah teruji selama pandemi bisa tetap eksis,” ujarnya.

Pemkot Yogya juga terus berupaya melakukan penguatan pengembangan industri kreatif, salah satunya dengan melaunching Gedung Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) yang berada di Jalan C Simanjuntak.

"Dengan adanya PDIN ini kami siap memberikan wadah bagi para desainer untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai pusat fesyen dunia dengan tetap mengandalkan pengembangan mode berbasis budaya," bebernya.

Pihaknya menyampaikan, salah satu kunci yang menjadikan pertumbuhan ekonomi Kota Yogya tetap stabil adalah dengan terus mengacu pada prinsip adaptasi, inovasi, dan kolaborasi.

“Baik di masa pandemi ataupun tidak, kami terus berusaha beradaptasi dengan setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi, berinovasi memunculkan ide kreatif untuk kesejahteraan masyarakat, juga kolaborasi lintas sektor,” jelasnya.

Tak sampai disitu, Pemkot Yogya terus mendorong program-program pariwisata berkelanjutan, karena dari sektor tersebut akan berkaitan dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, tambahnya.

Aman berharap semoga dengan adanya acara kunjungan tersebut dapat menjalin silahturahmi antara Pemkot Yogyakarta dan Pemkab Belitung. (Han)