Pelatihan Kepemimpinan Administrator Pelajari Inovasi Pemkot Yogya

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menjadi lokasi studi lapangan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kabupaten Banyuasin tahun 2023.

Asisten Administrasi Umum Banyuasin, Bahori yang juga sebagai pimpinan rombongan mengatakan studi lapangannya tersebut terkait inovasi program dan pelayanan Pemkot Yogya.

"Ada empat lokus yang menjadi objek kajian dari seluruh peserta yakni Badan Pendapatan Keuangan Aset Daerah (BPKAD), Disdikpora Kota Yogya, Kemantren Kotagede, dan Umbulharjo," katanya di Grha Pandawa, Selasa (10/10/2023).

Ia mengungkapkan studi lapangan tersebut merupakan bagian dari program PKA yang bertujuan untuk membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki best practice dalam pengelolaan program dan peningkatan pelayanan publik, salah satunya di Kota Yogya.

"Kami memilih Kota Yogya karena kami percaya dan melihat Kota Yogya telah mendapatkan banyak penghargaan dan inovasi atas prestasi yang telah dicapai, sehingga kami memilih ini sebagai objek kajian dan perbandingan,” ujarnya.

Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya saat sedang bersama peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kabupaten Banyuasin tahun 2023.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih karena menjadikan Kota Yogya sebagai tempat untuk studi lapangan. 

Aman mengungkapkan, salah satu inovasi layanan yang dimiliki Pemkot Yogya untuk mempersingkat dan mempercepat layanan kepada masyarakat adalah dengan menciptakan aplikasi unggulan yakni Jogja Smart Service (JSS).

“Jadi JSS ini adalah Balaikota Yogya di dunia maya, JSS bisa memberikan pelayanan sebagaimana Balaikota didunia nyata, semua layanan bisa tuntas melalui JSS.” bebernya.

Menurutnya di tengah perkembangan teknologi informasi menjadi sebuah kenyataan harus memberikan pelayanan lebih optimal dan efektif kepada masyarakat. 

“Maka teknologi informasi JSS di mana layanan Kota Yogya cukup dalam satu genggaman tangan,” tandasnya.

Aman berharap kegiatan tersebut mampu membantu para peserta untuk belajar dan saling bertukar pikiran dalam mencapai kinerja yang lebih baik. (Han)