Peringatan Hari Santri,  Peserta Upacara Gunakan Sarung

Umbulharjo-Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Di Kota Yogyakarta sendiri peringatan Hari Santri 2023 disemarakkan dengan berbagai kegiatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogya, Nadhif mengatakan rangkaian acara dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri akan diawali dengan bersih-bersih pondok pesantren yang akan dilaksanakan pada Jumat, 13 Oktober 2023. 

"Kemudian pada 15 Oktober 2023 akan digelar Festival Anak Sholeh Indonesia (Fasi) tingkat Kota Yogya," katanya saat temu media di ruang Yudistira, Rabu (11/10/2023).

Nantinya para pemenang dari festival ini, lanjutnya, akan berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat Provinsi DIY dan tingkat Nasional.

"Akan diambil juara I, II, dan III untuk mewakili Kota Yogya bersaing di FASI tingkat DIY pada tahun 2024 mendatang," ujarnya.

Kemudian pada tanggal 19 Oktober 2023 akan dilakukan pengajian bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Yogya. Lalu pada tanggal 20 Oktober akan dilakukan istighosah atau doa bersama.

Pada puncaknya yakni pada tanggal 22 Oktober 2023 akan digelar upacara bersama di Balaikota Yogya. "Uniknya seluruh peserta upacara akan menggunakan sarung sebagai dresscode mereka," tandasnya.

Nadhif mengungkapkan tema Hari Santri 2023 adalah Jihad Santri Jayakan Negeri. Menurutnya hal Ini adalah upaya menggelorakan semangat para santri untuk merawat dan mengisi kemerdekaan.

"Dan antara tanggal 20 dan 27 November 2023, kami juga akan menggelar Salat Istisqa atau salat meminta hujan drngab harapan musim kemarau segera selesai," bebernya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo sangat mengapresiasi dan mendukung penuh setiap acara dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri 2023. (Han)