Wakil Wali Kota Dari Malaysia  Tertarik Konsep Taman Pintar

Gondomanan-Wakil Wali Kota Kuala Kangsar, Malaysia, Azizul Rahim Bin Abdul Rahman berserta jajarannya pagi ini, Senin (16/10/2023) mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta.

Tujuan kunjungannya tersebut karena mereka tertarik dengan berbagai wahana yang ada di tempat ini. Menurut Azizul Rahim, Taman Pintar sebagai sebuah wahana wisata edukasi memiliki peran strategis dalam mengedukasi masyarakat.

"Ini yang akan kami terapkan juga di Kuala  Kangsar. Dengan adanya tempat seperti ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian anak terhadap perkembangan teknologi," ungkapnya.

Kunjungannya tersebut disambut baik oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogya, Yunianto Dwi Sutono. Yunianto menjelaskan Taman Pintar memang di desain dengan menawarkan model edukasi atau pembelajaran yang memadukan konsep pendidikan dan permainan.

"Berbagai alat peraga yang kami miliki ini kami buat semenarik mungkin sehingga dapat merangsang keingintahuan anak dan memancing kreativitas anak terhadap teknologi," bebernya.

Selain itu, lanjutnya, berbagai wahana di Taman Pintar juga dikemas dengan nuansa modern, sehingga anak-anak tertarik untuk mengunjunginya.

"Kami memiliki sekitar 10 wahana seperti, zona pengolahan sampah, wahana bahari, science theater, playground, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung paud, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval," bebernya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogya, Yunianto Dwi Sutono saat menerima kunjungan Wakil Wali Kota Kuala Kangsar, Malaysia di Taman Pintar, Senin (16/10/2023).

Senada dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogya Yetti Martanti, setiap harinya Taman Pintar di kunjungi sekitar 3000 wisatawan.

"Hal tersebut dapat meningkat ketika libur sekolah. Pada saat libur sekolah pengunjung Taman Pintar 5.000 sampai 6.000 wisatawan," tandasnya.

Menurutnya, jadwal libur sekolah yang berbeda-beda di tiap daerah membuat jumlah pengunjung yang datang ke Taman Pintar akan merata setiap harinya.

"Pengunjung yang datang ke Taman Pintar tetap didominasi oleh rombongan sekolah, meskipun pada saat akhir pekan lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan keluarga," jelasnya. (Han)