Nostalgia Malioboro Tempo Dulu di Mal Pelayanan Publik Kota Yogya

Umbulharjo-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogya kembali mengadakan pameran arsip. Kali ini pameran tersebut bertajuk 'Malioboro Jejak Nyata Keistimewaan'.

Pameran yang berlangsung mulai dari 18 Oktober 2023 hingga 31 Oktober 2023 ini bertempat di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kompleks Balaikota Yogya.

Kepala DPK Kota Yogya, Afia Rosdiana mengatakan pameran tersebut sebagai salah satu upaya publikasi khazanah arsip milik Pemkot Yogya kepada masyarakat.

"Arsip sebagai sumber primer menjadi bagian dari informasi yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya di lokasi Rabu (18/10/2023).

Dalam pemeran ini, lanjutnya,  menampilkan khazanah arsip foto tentang revitalisasi kawasan Malioboro pada tahun 1974.

"Jejak-jejak tersebut saat ini dapat dilihat melalui penampakan fisik. Selain itu dapat juga dilihat dari arsip tekstual dan arsip foto yang disimpan dan dilestarikan oleh DPK Koya Yogya," tandasnya.

Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Patricia Heny Dian Anitasari saat melihat pameran arsip yang 'Malioboro Jejak Nyata Keistimewaan' di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kompleks Balaikota Yogya.

Pameran ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Patricia Heny Dian Anitasari. Pihaknya pun sangat menyambut baik acara tersebut.

Menurutnya dengan adanya pameran tersebut membuktikan bahwa Pemkot Yogya memiliki andil yang cukup besar dalam sejarah keistimewaan DIY. 

"Ini juga membuktikan bahwa pelestarian arsip memiliki nilai guna kesejarahan, informasional, dan evidential bagi Kota Yogya. secara berkala perlu dipublikasikan kepada masyarakat," katanya.

Heny berharap dengan adanya pameran tersebut dapat memberikan informasi yang akurat dan akuntabel kepada masyarakat.

"Semoga acara ini dapat berlangsung secara berkala, tentunya dengan mengusung tema-tema yang menarik," harapnya. (Han)