Sambang Pondokan Ciptakan Suasana Kondusif di Wilayah

Tegalrejo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya kembali menggalakkan program sambang pondokan dan Gerakan Sapa Anak Kos (GSAK). Kali ini yang menjadi sasarannya adalah Kampung Sidomulyo, Kelurahan Bener, Kemantren Tegalrejo.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo di dampingi Ketua TP PKK Kota Yogya, Atik Wulandari ikut turun langsung menyambangi pondokan yang berada di kampung tersebut.

Sebagai informasi kegiatan ini merupakan program unggulan Pokja I PKK yang bekerjasama dengan Satpol PP Kota Yogya.

Singgih mengungkapkan dalam sambang pondokan ini, para penghuni pondokan diberikan edukasi tentang Perda Kota Yogya Nomor 1 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pondokan.

"Kami juga mengecek disetiap pondokan apakah sudah memiliki surat izin penyelenggaraan pondokan atau belum," katanya dilokasi, Rabu (18/10/2023).

Tak sampai disitu, para pemilik pondokan juga diminta untuk aktif melakukan pendataan bagi penghuninya. "Yakni dengan fotokopi KTP atau identitas lain," ungkapnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo bersama Ketua TP PKK Kota Yogya, Atik Wulandari saat melakukan pengecekkan surat izin penyelenggaraan pondokan milik salah satu pemilik pondokan yang ada di Kampung Sidomulyo, Kelurahan Bener, Kemantren Tegalrejo.

Singgih menyatakan adanya kegiatan ini untuk mendorong para penghuni pondokan peduli dan ikut menciptakan suasana kondusif di kampungnya.

Karena menurutnya keamanan, ketertiban, dan kenyamanan menjadi harapan semua pihak, tidak hanya penghuni pondokan, namun juga seluruh warga.

Dari hasil pantauan tersebut tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik pondokan.

"Semua pondokan telah memiliki surat izin penyelenggaraan pondokan dan juga kebanyakan pondokan juga memiliki induk semang atau penjaga kos di tempat," imbuhnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo bersama Ketua TP PKK Kota Yogya, Atik Wulandari saat melakukan sambang pondokan dan Gerakan Sapa Anak Kos (GSAK)

Hal senada dikatan Ketua TP PKK Kota Yogya, Atik Wulandari, selain taat peraturan yang ada, pondokan di Kampung Sidomulyo juga telah melakukan pemilahan sampah dengan baik.

"Para pemilik pondokan juga telah meminta para penghuninya untuk tertib dalam memiliah sampah. Bahkan bagi yang memiliki lahan yang luas juga telah disediakan biopori sampah organik yang terbuat dari galon air minum," jelasnya. (Han)