Taman Pintar Berikan Edukasi Aman Berlalu Lintas Melalui Guru PAUD

Gondomanan - Kesadaran berlalu-lintas harus di ajarkan sejak dini, salah satunya melalui Zona Etika Lalu Lintas yang berada di Taman Pintar. Untuk menambah koleksi pelajaran berlalu-lintas, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) berikan donasi lima unit Push Bike dan Riding Gear Set.

Pemberian ini diterima langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Taman Budaya dan Retno Yuliani didampingi Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dalam kegiatan Edufest Figure #Cari_Aman yang berlangsung di Gedung Phytagoras Hall Taman Pintar Yogyakarta, Kamis (19/10).

Kegiatan ini diikuti 70 peserta dari guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-DIY. Dimana para peserta diberikan pembekalan ilmu keselamatan dalam berkendara dan berlalu lintas oleh YAHM dan harapannya akan diterapkan di lingkungan sekolah.

Ketua Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) Ahmad Muhibbuddin mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 19-21 Oktober 2023. Para peserta diberikan pelatihan berupa materi etika aman berlalu lintas untuk anak seperti adab berjalan di trotoar, adab menyeberang, dan sebagainya. Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini nantinya akan dipraktekan secara langsung kepada anak didik di PAUD masing-masing. 

Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) berikan donasi lima unit Push Bike dan Riding Gear Set untuk fasilitas di Zona Etika Lalu Lintas yang berada di Taman Pintar Yogyakarta 

"Semoga apa yang kami berikan ini dapat diimplementasikan oleh guru-guru PAUD, tentunya dengan cara yang menyenangkan dan kreativitas dalam mengajarkan kepada anak didiknya,"jelasnya.  

Selain itu, nantinya pembelajaran keselamatan dalam berkendara dan berlalulintas ini akan dikompetisikan pada bulan November 2023. "Pada kompetisi ini kami akan membebaskan para guru untuk memberikan arahan kepada anak didiknya saat mengikuti kompetisi ini. Sehingga para guru dapat mengekspresikan dan memperlihatkan bahwa anak didiknya memahami langkah-langkah keselamatan berkendara dan berlalu lintas,"ujarnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengungkapkan, terima kasih dan apresiasi kepada pihak YAHM dalam membantu pemerintah untuk memberikan edukasi aman berlalu lintas melalui guru PAUD. 

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat berdiskusi bersama salah satu guru PAUD.

Ia berharap, dengan demikian pembelajaran yang akan diberikan oleh guru PAUD ini akan membantu pemerintah dalam mengurangi khususnya kecelakaan khususnya di Kota Yogyakarta. 

"Dengan kegiatan ini harapannya, memberikan kemudahan dan inspirasi bagi para guru PAUD se DIY sebagai edukasi keselamatan berkendara dan berlalu lintas. Terlebih jika tempat sekolah PAUD ini dekat dengan jalan raya. Sehingga anak bisa memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas sesuai yang diajarkan oleh para guru mereka,"ujarnya.

Saat ditemui, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Taman Budaya dan Retno Yuliani mengungkapkan, terima kasih kepada YAHM yang sampai saat ini terus mendukung kegiatan di Taman Pintar khususnya pada Zona Etika Lalu Lintas. 

Ia berharap, ajang ini sebagai bentuk perhatian untuk membantu para guru PAUD dalam memberikan edukasi kepada anak-anak akan pentingnya etika berlalu lintas. "Memang Taman Pintar menjadi central kunjungan edukasi dan pariwisata anak. Semoga kegiatan yang diinisiasi YAHM ini akan terus berlanjut untuk terus memberikan edukasi kepada anak-anak di Kota Yogyakarta,"jelasnya. (Hes)