Bakpia Day 2023 Bagikan Ribuan Bakpia ke Masyarakat

Ngampilan-Komunitas pengusaha Bakpia bersama masyarakat Ngampilan kembali menggelar Bakpia Day 2023. Kali ini acara tersebut mengangkat tema 'Manunggal Jati Kawelasan Gusti'.

Dalam festival ini ribuan bakpia disusun menjadi dua buah gunungan. Yaitu gunungan bakpia lanang dan wadon. Dua gunungan ini lantas diarak keliling dan diperebutkan di lokasi finish yakni di eks Pabrik Tegel Kunci. 

Ketua panitya acara tersebut, Kusmantoro mengatakan Bakpia Day adalah wujud rasa syukur para pengusaha bakpia yang ada di Kelurahan Ngampilan.

"Sesuai temanya, manunggal jati sebagai bentuk bersatunya antara Jawa dengan Tionghoa, sedangkan kawelasan gusti dapat diartikan perlambang sebuah doa untuk memohon belas asih atau berkah rejeki dari Tuhan," bebernya, Sabtu (21/10/2023).

Acara ini diikuti sebanyak 12 Rukun Warga (RW) di wilayah Kelurahan Ngampilan dengan total 500 peserta.

Selain menampilkan produk unggulan wilayah tersebut berupa bakpia, acara ini juga menampilkan atraksi budaya. Para peserta mengenakan berbagai macam kostum saat pawai, mulai dari pakaian tradisional jawa, batik, hingga barongsai.

Naga barongsai mewarnai kemeriahan Bakpia Day 2023.

Rute karnaval ini dimulai dari Jalan KS Tubun dilanjutkan ke Jalan Letjen Suprapto dan Jalan KH. Ahmad Dahlan hingga kembali lagi ke Jalan KS Tubun. Selama perjalanan bakpia tersebut juga dibagikan ke pengguna jalan.

Kusmantoro berharap Bakpia Day dapat menjadi salah satu upaya dalam rangka pembangunan ekonomi dan pariwisata berbasis kuliner di wilayah Ngampilan.

"Dan juga dapat membangkitkan semangat kebersamaan dalam keragaman untuk membawa perubahan yang lebih baik dari sisi sosial, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Mewakili Penjabat Wali Kota Yogya, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogya, Tri Karyadi Riyanto Raharjo sangat mengapresiasi acara tersebut.

Menurutnya Bakpia Day merupakan bentuk adanya dukungan dan peran nyata segenap masyarakat, dalam mengupayakan pelestarian budaya dan tradisi.

"Ini acara yang sangat luarbiasa, para perajin bakpia yang sebagian besar merupakan UKM mampu berkolaborasi dengan pengusaha bakpia untuk sama-sama terus mempromosikan oleh-oleh khas Kota Yogya tersebut," ungkapnya.

Selain menampilkan produk unggulan wilayah tersebut berupa bakpia, acara ini juga menampilkan atraksi budaya.

Tri Karyadi berharap acara ini dapat semakin menegaskan keberadaan Ngampilan sebagai sentra bakpia di Yogyakarta.

"Kampung Pathuk telah dikenal sebagai sentra usaha rumahan bakpia, dengan lebih dari seratus pengusaha bakpia rumahan," katanya. (Han)