Pasar Prawirotaman Terbaik Kedua Pasar Pangan Berbasis Komunitas Tingkat Nasional

Mergangsan - Pasar Prawirotaman meraih Juara 2 Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tingkat Nasional untuk Regional Barat. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI, Rita Endang dan diterima langsung Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, Kamis 19 Oktober 2023 di Gedung Merah Putih BPOM RI Jakarta.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, penghargaan ini mempertegas kesungguhan  Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mewujudkan keamanan pangan yang bebas dari kandungan bahan berbahaya.
Tentunya penghargaan ini tidak terlepas dari peran dan dukungan pelaku pasar baik pedagang, pengunjung, pengelola dan komunitas di lingkungan pasar.
“Terima kasih kepada seluruh pihak yang ada di Pasar Prawirotaman. Saya berharap, prestasi yang diraih terus dioptimalkan, agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Yogyakarta, khususnya dari resiko terpapar penyakit akibat mengkonsumsi pangan yang tidak terjamin keamanannya,”ujarnya.

Pasar Prawirotaman meraih Juara 2 Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tingkat Nasional untuk Regional Barat yang diselenggarakan oleh  BPOM RI.

Perlu diketahui, pada Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tingkat Nasional untuk Juara 1 diraih oleh Pasar Serikat Simabur Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.
Untuk Juara 2 diraih Pasar Prawirotaman, Kota Yogyakarta, DIY serta Juara 3 diraih Pasar Gelugur, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara.

Pihaknya menambahkan, posisi Pasar Prawirotaman yang strategis  terletak di jalur utama dari Pusat Kota Yogyakarta dan dekat dengan kampung internasional yang saat ini berkembang menjadi Kampung Turis dan Kampung Batik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak mengunjungi Kota Yogyakarta.

Sehingga selain menjaga kebersihan bangunan Pasar Prawirotaman, prioritas utama adalah menjamin terbebasnya bahan berbahaya yang beredar di pasar.

Dimana Pasar Prawirotaman melakukan kegiatan sanitasi lingkungan pasar, menjaga kebersihan pasar, menguji peralatan pedagang dan menguji air bersih dan limbah yang ada di pasar. Sehingga Pasar Prawirotaman ini memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan gizi pangan.

“Untuk itu, kami terus memberikan perlindungan dan jaminan kepada konsumen bahwa bahan pangan yang dijual benar-benar aman dari bahan berbahaya seperti Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow dengan terus melakukan pengujian secara berkala,”ujarnya.

Pojok Tes Kit merupakan ruangan tempat uji bahan berbahaya seperti Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow di Pasar Prawirotaman Yogyakarta.

Tak hanya meraih Juara 2 pada Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tingkat Nasional untuk Regional Barat saja, Pasar Prawirotaman juga meraih predikat sebagai Pasar SNI di tahun 2022 .

Dimana Pasar Prawirotaman merupakan pasar tradisional dengan konsep modern, karena dilengkapi dengan escalator dan lift untuk menuju lantai 2 dan 3 serta disediakan troli bagi pengunjung pasar. 

Dengan kelengkapan yang dimiliki Pasar Prawirotaman, Ambar berharap, tidak hanya Pasar Prawirotaman saja yang meraih juara namun pasar-pasar lain di Kota Yogyakarta ikut tergugah untuk selalu memprioritaskan kebersihan dan terhindar dari bahan berbahaya seperti Formalin, Boraks dan lain sebagainya.

“Semoga dengan capaian ini, seluruh pasar yang ada di Kota Yogyakarta juga ikut menerapkan pengujian bahan berbahaya seperti boraks, formalin dan lain sebagainya dalam setiap bahan pangan. Selain berdampak pada kesehatan dan keamanan makanan, juga akan menambah tingkat kepercayaan konsumen yang membeli bahan pangan di pasar tradisional,”ungkapnya. (Hes)