Gebyar PAUD Yogya Ajang Pentas dan Ekspresi Anak Usia Dini   

TEGALREJO- Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan perhatian penuh pada pendidikan anak sejak dini. Salah satunya dengan mengadakan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Yogyakarta tahun 2023. Kegiatan itu menjadi ajang untuk pentas dan mengekspresikan kemampuan anak-anak PAUD di Kota Yogyakarta.

Ratusan anak PAUD tampil menari, menyanyi dan senam bersama pada kegiatan Gebyar PAUD Kota Yogyakarta tahun 2023. Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo dan Bunda PAUD Kota Yogyakarta Atik Wulandari yang hadir dalam kegiatan itu juga ikut senam bersama anak-anak.

“Saya memberikan apresiasi kegiatan Gebyar PAUD Kota Yogyakarta. Semoga ini menjadi bagian dari bagaimana kita menyiapkan generasi mendatang, generasi emas 2045,” kata Singgih saat membuka kegiatan Gebyar PAUD Kota Yogyakarta tahun 2023 di Museum Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama Kamis (26/10/2023)

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyapa dan bertanya dengan beberapa anak PAUD. 

Menurutnya apabila anak-anak sekarang dibekali berbagai macam kecerdasan seperti kecerdasan pengetahuan, akhlak, iman,budaya, etika dan sikap akan menjadi generasi yang luar biasa. Dalam kesempatan itu Singgih menyapa dan melakukan tanya jawab dengan beberapa anak-anak PAUD terkait cita-cita, tempat sekolah, nama orang tua dan lainnya. Singgih berpesan agar orang tua dan guru menguatkan pembelajaran komunikasi pada anak-anak usia dini.

“Anak-anak hebat sudah berani mengekspresikan apa yang dia mau. Semuanya bisa mengungkapkan tapi tidak begitu jelas dan gamblang. Nampaknya bapak ibu guru, perlu adanya (anak-anak) diberi pembelajaran lagi tentang komunikasi dan keberanian untuk bisa menyampaikan pendapat,” terangnya.

Sedangkan Bunda PAUD Kota Yogyakarta, Atik Wulandari juga sangat mengapresiasi Gebyar PAUD Kota Yogyakarta karena dengan acara itu anak-anak bisa mementaskan potensi yang ada selama ini. Terutama sesuai dengan tema Gebyar PAUD Kota Yogyakarta tahun 2023 yakni merdeka bermain, berkreasi dan berekspresi dalam keberagaman Indonesia.

Bunda PAUD Kota Yogyakarta, Atik Wulandari menerima selendang lurik yang dikalungkan oleh anak-anak PAUD. 

“Saya titip kepada ibu-ibu guru PAUD untuk selalu sabar dalam membimbing dan membina anak-anak PAUD supaya jadi anak-anak yang pintar dan selalu bisa berekspresi dalam bermain maupun belajar,” papar Atik istri Penjabat Wali Kota Yogyakarta itu.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori menyebut Gebyar PAUD Kota Yogyakarta tahun 2023 diikuti 1.100 anak. Jumlah itu yang terbagi sekitar 700 anak di Museum Monumen Pangeran Diponegoro pada Kamis (26/10/2023) dan sekitar 400 anak melaksanakan Gebyar PAUD di Kantor Disdikpora Kota Yogyakarta pada Rabu (25/10/2023).

“Gebyar PAUD bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak PAUD mengikuti pentas, mengekspresikan kemampuannya. Sekaligus memotivasi anak-anak dan satuan PAUD di Kota Yogyakarta untuk maju menyiapkan anak didik yang berkarakter dengan pendidikan yang menyenangkan,” pungkas Budi.(Tri)

Anak-anak PAUD tampil menari dalam Gebyar PAUD Kota Yogyakarta tahun 2023.