Salat Istisqa Bersama  Harapkan Turun Hujan

 

 

Umbulharjo - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta mengajak seluruh masyarakat beragama Islam di wilayah Kota Yogyakarta melaksanakan salat Istisqa untuk meminta hujan. Acara ini akan di Halaman Balai Kota Yogyakarta, Sabtu pagi jam 06.30 WIB pada tanggal 28 Oktober 2023.

 

Wakil Ketua II BAZNAS Kota Yogyakarta, Abdul Samik menyampaikan kondisi alam saat ini sedang mengalami kemarau panjang yang mengakibatkan di beberapa daerah mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Berawal dari keprihatinan tersebut, Baznas Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan salat Istisqa bersama.

 

“Di samping kita berupaya memberikan materi-materi berupa air bersih dan air minum untuk saudara-saudara kita yang kekeringan di beberapa wilayah di sekitar kita, kita akan mencoba juga untuk berdoa yang di dalam agama Islam ada tuntunan salat Istisqa meminta hujan supaya turun dan kekeringan ini segera berakhir,” ujarnya di Kantor Sekretariat Baznas Kota Yogyakarta (27/10).

 

Pihaknya menegaskan apabila hari ini turun hujan, pelaksanaan salat Istisqa akan tetap dilaksanakan. Abdul Samik membeberkan bahwa selain berdoa meminta hujan juga akan dilaksanakan doa bersama untuk saudara muslim yang ada di Palestina.

 

“Setelah salat Istisqa akan dilaksanakan doa bersama untuk saudara kita yang ada di Palestina. Nantinya, infak dan sedekah yang diperoleh akan disumbangkan semua melalui Baznas RI,” ungkap Abdul Samik.

 

Dalam salat Istisqa akan dipimpin atau bertindak selaku imam yaitu KH Salahudin S Ag dan yang bertindak selaku khatib yaitu  Prof Dr H Muhammad Chirzin M Ag. “Kami mengundang seluruh masyarakat tanpa kecuali. Harapannya, banyak masyarakat yang ikut melaksanakan salat Istisqa dengan penuh keyakinan,” lanjutnya.

 

Sementara itu, Sekretaris BAZNAS Kota Yogyakarta Misbahrudin menyebutkan Baznas Kota Yogyakarta telah menyalurkan bantuan air bersih sejumlah 161 tangki atau setara dengan 805.000 liter ke beberapa lokasi di DIY. Diantaranya Dlingo, Ponjong, Purwosari, Tepus, Saptosari, Panggang dan Girimulyo.

 

“Ikhtiar lahir yang sudah kita lakukan terhadap saudara-saudara kita yang mengalami kekurangan air ya sampai hari ini sudah mendistribusikan sejumlah 161 tangki atau setara dengan 805.000 liter. Sumber dari pendanaan untuk pengadaan air bersih Alhamdulillah itu dari masyarakat bahkan anak-anak sekolah dan di Madrasah juga sangat antusias,” ujarnya.

 

Selain itu, Baznas Kota Yogyakarta telah menyumbangkan dana sebesar Rp 43.788.900 pada 17 Oktober 2023 melalui Baznas RI untuk Maroko dan Turki yang sedang mengalami bencana.

 

“Selanjutnya, kami sedang mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke Palestina. Dan seperti yang telah disampaikan bahwa seluruh infak atau zakat dari salat Istisqa akan disumbangkan ke Palestina untuk membantu saudara-saudara kita,” tambahnya. (Chi)

 

Nb: Foto sampul merupakan dokumentasi salat Iduladha 1444H di Halaman Balai Kota Yogyakarta