BPD DIY Malioboro Run Susuri Sumbu Filosofi Kenang Memori

Gedong Tengen - Sekitar 3.500 orang pelari menyemarakkan Bank BPD DIY Malioboro Run 2023, start dan finish di Malioboro Yogyakarta, Minggu (29/10). 
Dengan tema 'Running With Memories of Jogja' diharapkan menjadi event tahunan untuk mengajak para wisatawan dan pecinta olahraga menikmati Kota Yogyakarta sekaligus ikut melestarikan warisan budaya melewati lokasi-lokasi Sumbu Filosofi Kota Yogyakarta.
Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengungkapkan, ajang Malioboro Run 2023 merupakan salah satu kegiatan untuk memperkenalkan kembali Sumbu Filosofis Kota Yogyakarta yang telah sah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia (world heritage) oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO).

Malioboro Run 2023 semakin meriah dengan berbagai kostum pelari mulai dari busana spiderman, kebaya dan lain sebagainya.

Dimulai pukul 05.30 WIB, Singgih Raharjo melepas para peserta kategori 10K di depan DPRD DIY. 
Pihaknya mengungkapkan, konsep Running With Memories of Jogja ini event Malioboro Run 2023 yang menawarkan rute lari yang harapannya dapat dikenang dan dikangeni oleh para peserta nantinya.
"Selamat datang di Kota Yogyakarta. Selamat berlari. Nikmati suasana Kota Yogyakarta yang bikin ngangeni,"ujar Singgih.
Singgih menambahkan, pada Malioboro Run 2023 juga melewati rute lari yang membangkitkan kenangan-kenangan tentang Yogyakarta melalui landmark-landmark kota yang iconic, serta bangunan-bangunan heritage yang terjaga dan terawat.
Diantaranya seperti Jalan Malioboro, Benteng Vredeburg, Kawasan Nol Kilometer, Kraton Yogyakarta, Plengkung Wijilan (Tarunasura), Plengkung Gading (Nirbaya), Kawasan Jeron Beteng, Kawasan Kotabaru dan Situs Warungboto.
"Tidak hanya berolahraga, dengan adanya Sumbu Filosofis yang diakui UNESCO menambah daya tarik wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan menambah kedatangan wisatawan ke Kota Yogya,”ungkapnya.

Dua bintang tamu Gisela Anastasia dan Melanie Putri ikut berlari untuk rute 5K bersama ribuan pelari lainnya.

Walaupun terik matahari semakin terasa, namun Malioboro Run 2023 semakin mmeriah saat kedatangan dua bintang tamu yakni Gisela Anastasia dan Melanie Putria, yang akan ikut berlari untuk rute 5K bersama ribuan pelari lainnya.
Sementara itu, Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad mengungkapkan, dipilihnya lokasi Sumbu Filosofi ini merupakan warisan budaya dunia atau The Cosmological Axis of Yogyakarta merupakan sebuah konsep tata ruang mahakarya dari Sri Sultan HB I, yang berwujud sumbu imajiner yang membentang lurus dari Tugu Yogyakarta atau Golong-Gilig/Tugu Pal Putih hingga menuju Panggung Krapyak di sebelah selatan. Dimana lintasan ini juga akan melewati Kraton Yogyakarta sebagai titik pusatnya.

Tahun ini Malioboro Run memiliki kategori Half Marathon (21K) yang diikuti 300 peserta kategori 10K diikuti 1.250 peserta, kategori 5K diikuti 1.850 peserta dan 100 peserta pada kategori Kid Dash.
"Malioboro Run merupakan event tahunan dari Bank BPD DIY. Harapannya dengan mengajak berlari bersama juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di DI Yogyakarta dengan mengitari tempat-tempat yang juga merupakan lokasi wisata di Kota Yogya,”jelasnya.

Peserta Malioboro Run diikuti kategori 21K, 10K 5K dan Kid Dash.

Pihaknya menambahkan, hadiah bagi peserta yang mencapai finish terlebih dahulu pada ajang Malioboro Run 2023 yakni sebesar Rp 104,75 juta yang akan diberikan pada pemenang juara 1,2 dan 3 di masing-masing kategori. 
Selain itu, pemenang undian tabungan Sutera dan Sutera Emas 2023, hadiah utama yakni Toyota Voxy dimenangkan nasabah Bank BPD DIY cabang Wonosari yakni Dwi Astuti. Sementara hadiah di antaranya 6 unit mobil Honda WRV, 6 Motor Yamaha Grand Filanno dan 12 laptop Macbook.
Terlihat sapa diantara satu dan lainnya, serta senyuman peserta yang ternyata banyak yang berasal dari luar DIY yang khusus mengikuti Malioboro Run 2023. 

Salah satunya kategori 10K yang ikut bersama suami Saniatun dari Maguwoharjo, Sleman antusias mengikuti Malioboro Run 2023.

Ia mengatakan, walaupun melelahkan tapi bangga bisa melewatinya. Pihaknya berharap, akan ada lagi Malioboro Run berikutnya. “Lumayan capek dan lelah, karena di kategori 10K. Tetapi senang apalagi banyak yang ikut jadi makin semangat larinya. Semoga ke depan akan ada lagi event seperti ini, pasti bakal ikut lagi,”ujarnya. (Hes)

Tak hanya Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saja, sang istri Atik Wulandari juga mengikuti Malioboro Run 2023.