Pemkot Sabet Dua Kategori dalam Ajang AMH 2023

Surabaya-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menerima Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Pemkot Yogya berhasil menyabet dua kategori dalam penghargaan bergengsi ini, yakni terbaik pertama kategori Kampanye Komunikasi Publik dan terbaik ketiga untuk kategori website.

Penghargaan ini diserahkan langsung salah satu dewan juri dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogya, Trihastono di The Westin Hotel, Pakuwon Mall, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (30/10/2023) malam.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong mengatakan AMH menjadi kesempatan bagi media pemerintah untuk bercermin, mengukur diri, dan momentum untuk menilai bagaimana kemampuan serta kualitas kerja yang dihasilkan dalam kurun waktu satu tahun.

Ia menjelaskan pada tahun ini, Kemenkominfo memperlombakan enam kategori, yakni kategori media sosial, kategori kampanye komunikasi publik, kategori penerbitan media internal (inhouse magazine), kategori siaran pers, kategori website, dan kategori media audiovisual.

Selain itu juga ada dua penghargaan khusus yakni penghargaan juara umum Anugerah Media Humas 2023 dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP).

“Harapannya, peningkatan kualitas kehumasan dapat terwujud sehingga karya emas kehumasan bisa dihasilkan oleh sebanyak-banyaknya instansi pemerintah seluruh Indonesia, karena sesungguhnya citra baik pemerintah dan negara berada di tangan humas pemerintah,” tuturnya.

Kepala Dinas Kominfosan Kota Yogya, Trihastono saat menerima piagam Anugerah Media Humas (AMH) 2023.

Ditemui usai menerima penghargaan Kepala Diskominfosan Kota Yogya, Trihastono menyebut capaian apik tersebut tentu patut untuk disyukuri. Namun, pihaknya juga berharap penghargaan ini bisa menjadi pelecut semangat untuk lebih baik lagi ke depan. Khususnya, dalam urusan pelayanan informasi kepada masyarakat.

‘’Pada prinsipnya kita terus berupaya memberikan pelayanan informasi yang baik kepada masyarakat. Kalau kemudian mendapatkan penghargaan, itu bonus,’’ jelasnya. 

Ia mengatakan dalam menyampaikan informasi Diskominfosan tidak hanya menyajikan informasi secara komprehensif, namun juga dampak dari informasi tersebut.

"Dampaknya, berbagai kegiatan serta event prioritas yang dipublikasikan mendapat banyak atensi publik," ujarnya.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut juga membuktikan komitmen apik Pemkot Yogya dalam menjalankan fungsi kehumasan, terutama menyebarkan informasi secara luas kepada masyarakat. (Han)