Festival Jogja Kota 2023 di Stadion Kridosono Angkat Tema Rewang

UMBULHARJO- Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan akan kembali mengadakan Festival Jogja Kota (Festa) di Stadion Kridosono Yogyakarta pada 3- 5 November 2023. Festa yang mengambil tema Rewang tahun ini menampilkan pagelaran seni budaya yang diklasterisasi dalam empat kawasan cagar budaya(KCB) di Kota Yogyakarta serta bursa kuliner dan kerajinan.
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, tema Rewang diambil karena berkaitan dengan kondisi sosial budaya masyarakat. Sedangkan di perkotaan budaya rewang sudah jarang sehingga semangat rewang diwujudkan dalam pagelaran seni budaya pada Festa tahun 2023.
"Kita ingin eksplorasi kembali. Rewang di perkotaan sudah sangat jarang sehingga ini menjadi salah satu edukasi," kata Yetti saat jumpa pers di Balai Kota Yogyakarta pada Rabu (1/11/2023)
Adapun rewang merupakan tradisi khas masyarakat Jawa berwujud membantu pihak lain yang sedang memiliki hajatan seperti pernikahan, kelahiran, khitanan dan lainnya. Pada budaya rewang ada nilai kegotongroyongan masyarakat. Rewang juga merupakan bukti kesadaran membantu orang lain tanpa pamrih. Ekosistem itu perlu terus dipelihara karena akan menumbuhkan sikap simpati dan empati. 
Pagelaran seni budaya yang ditampilkan dalam Festa  diklasterisasi dalam empat  KCB di Kota Yogyakarta yaknin KCB Kraton, Pakualaman, Kotabaru dan Kotagede. KCB Kraton kolaborasi dari Kemantren Kraton, Ngampilan,  Wirobrajan, Mantrijeron, Gedongtengen dan Tegalrejo akan menampilkan seni budaya berjudul Rewang Hajad Dalem. KCB Kotabaru kolaborasi Kemantren  Gondokusuman, Jetis dan Danurejan mempersembahkan judul Dumadining Tugu Golong Giling. 

Dokumentasi foto kegiatan Festival Jogja Kota tahun 2022 di Embung Giwangan 

Sedangkan KCB Kotagede kolaborasi Kemantren Kotagede dan Umbulharjo menampilkan Rewangan Rewang. KCB Pakualaman kolaborasi Kemantren Pakualaman, Gondomanan dan Mergangsan dengan judul Bali Rewang. 
"Tema rewang  dimaknai kemantren yang diklasterisasi dalam empat  KCB. Masing-masing akan berkolabrasi  dengan menampilkan pertunjukan sesuai dengan konsep rewang," paparnya.
Selain itu Festa 2023 akan menampilkan setiap KCB akan menampilkan  produk-produk unggulan baik kuliner maupun produk kreatif yang dikemas dalam Warung Kota. Ada juga ada live cooking makanan khas Yogyakarta. Masyarakat bisa menyaksikan pagelaran seni budaya dan menikmati jajanan dengan membeli  berbagai produk kuliner dari tiap KCB.
"Festa juga menampilkan potensi-potensi kuliner dan kerajinan di KCB di Kota Yogyakarta. Meskipun tema rewang tapi juga menunjukkan KCB sesuai dengan karakteristik masing-masing, " terang Yetti.
Festa tahun 2023 tersebut terbuka untuk masyarakat umum dan gratis. Festa akan dibuka mulai pukul 15.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB pada 3- 5 November 2023. Kegiatan itu juga akan dimeriahkan dengan penampilan musik dan band lokal  seperti DJ Dylan, Jumbrong, Apollo10, Braves Boy, Doni Ex Seventeen dan Om Wawes.(Tri)

Penampilan musik band memeriahkan Festival Jogja Kota tahun 2022.