Gemati Jadikan Anak Muda Generasi Tangguh dan Berkarakter

Pakualaman - Dengan memainkan angklung, GKR Hemas didampingi Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo beserta istri serta Lurah Kelurahan Gunungketur Sunarni dan jajaran menutup rangkaian kegiatan Gunungketur Emas Menuju Anak Tangguh Indonesia (Gemati) yang dikemas dalam acara Gunungketur Festival (Gunfest) 2023, pada Sabtu (4/11) di Jalan Jayaningprangan 10 Yogyakarta.

Diharapkan melalui kegiatan ini bisa mempersiapkan anak-anak menuju Generasi Emas 2045 yaitu generasi yang cerdas dan mau menerima perubahan, generasi yang tangguh dan berkarakter.

"Anak-anak tangguh ini bisa kita ciptakan dan kita dorong. Selain itu, buatlah adaptasi yang menyenangkan dengan berbagai inovasi untuk meraih perubahan dan tentunya ciptakan kolaborasi yang epik agar Gemati ini terus terjaga,"jelas Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

GKR Hemas didampingi Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo beserta istri serta Lurah Kelurahan Gunungketur Sunarni dan jajaran menutup rangkaian kegiatan Gunfest 2023.

Singgih juga mengatakan, selain kolaborasi melalui Gemati, anak-anak diajak berpikir kritis dan banyak bertanya critical thinking agar pengetahuan yang dimiliki bertambah.

"Disini banyak sekali kegiatan yang menggandeng anak-anak untuk berkreasi seperti pada kegiatan Dolan Warsimah yang ada di Kelurahan Gunungketur. Pada kegiatan itu anak-anak diajak mengasah kreativitas dengan berbagai kegiatan. Semoga ini terus dilakukan,"ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan demikian serangkaian kegiatan ini  tidak lengkap tanpa adanya komunikasi yang baik. Singgih berharap, komunikasi penting dilakukan agar anak-anak bisa berlatih komunikasi dengan baik, bersosialisasi dan bisa sukses dimanapun berada.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Gunungketur Sunarni mengungkapkan, terimakasih dan apresiasi kepada seluruh warga Gunungketur sehingga sukses menyelenggarakan Gemati yang dimulai dari bulan Agustus 2023 hingga puncak acara 6 November 2023.

Pihanyak menambahkan, tidak hanya aspek kesenian saja yang ditampilkan, kegiatan ini berkonsep festival diantaranya ada Wahana Tradisi, Wahana Art, Wahana Kuliner, Wahana Pertunjukan, dan Wahana Dolanan Anak akan dihadirkan untuk memeriahkan acara ini.

Ia berharap, ke depannya acara  Gunfest dan Gemati ini sebuah sarana yang dapat menggabungkan semua potensi kearifan lokal, dan dikemas dalam sebuah event yang unik, menarik dan merakyat.

Salah satu wahana dolanan anak 'ular tangga' pada kegiatan Gemati 2023.

"Semoga dengan Gemati ini menjadi solusi masyarakat, khususnya untuk anak-anak  dalam upaya antisipasi kenakalan anak di era modern saat ini,"jelasnya.(Hes)