Street Harmony Padukan Wisata Belanja dan Kuliner di Yogya

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya terus berupaya menggandeng berbagai pihak untuk meningkatkan geliat pariwisata di Kota Yogya. Salah satu dengan menggelar Wisata Belanja dan Kuliner Tahun 2023 yang berkolaborasi dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Gondokusuman. 

Kegiatan menampilkan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kemantren Gondokusuman mulai dari seni hingga produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Selain itu acara ini juga dimeriahkan parade tari budaya yang memukau, fashion show dengan busana adat yang di peragakan oleh mahasiswa UKDW.

Fashion show dengan busana adat yang di peragakan oleh mahasiswa UKDW.

Acara yang diselenggarakan di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kotabaru, Yogyakarta ini mengambil tema street harmony #2. Gelaran tersebut juga untuk mendukung Dies Natalies ke 61 UKDW dan HUT ke 110 GKJ Gondokusuman. 

Kepala Dinpar Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan dipilihnya lokasi ini lantaran kawasan tersebut merupakan salah satu daerah strategis yang menjadi pusat kegiatan belanja dan kuliner. 

"Di sekitar jalan tersebut terdapat lokasi perbelanjaan, Embung Langensari, UKDW , Balai Yasa, GKJ Gondokusuman, Rumah Sakit Bethesda dan berbagai sajian kuliner khas Tionghoa," katanya dilokasi Sabtu (4/11/2023).

Keunggulan itulah, lanjutnya yang menjadikan Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo sebagai titik pertemuan berbagai macam kalangan masyarakat yang mampu memperkuat kegiatan wisata belanja dan kuliner di Kota Yogya.

Pihaknya mengungkapkan Wisata Belanja dan Kuliner merupakan acara rutin yang dilakukan tiga kali dalam satu tahun.

"Acara ini diselenggarakan secara berpindah-pindah ke semua Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Kota Yogya," bebernya.

Ia berharap dengan adanya acara tersebut dapat mengangkat potensi-potensi wisata yang ada di Kota Yogyakarta.

"Dan juga mendorong semua pelaku usaha di bidang belanja dan kuliner supaya dapat bekerja sama menciptakan harmoni bagi Kota Yogya," ungkapnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat membuka gelaran Wisata Belanja dan Kuliner Tahun 2023.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo sangat menyambut dan mengapresiasi acara tersebut.

“Kegiatan seperti ini sangat inovatif dan makin meningkatkan gelaran wisata di Kota Yogya dengan berbagai potensinya,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Singgih menekankan pentingnya menggelar acara ini karena Pemkot Yogya terus berkomitmen mewujudkan destinasi pariwisata berkelanjutan. 

"Ini juga dapat memperkuat industri kuliner serta wisata belanja di Kota Yogya," ujarnya. (Han)