Kemarau Panjang Harga Cabai di Pasaran Cukup Tinggi

Gondomanan - Harga bahan-bahan kebutuhan pokok dan komoditas sayur terutama cabai di Kota Yogyakarta akhir-akhir ini mengalami kenaikan. Penyebab kenaikan cabai diperkirakan akibat hasil panen yang menurun akibat musim kemarau berkepanjangan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Ketersediaan, Pengawas, dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Sri Riswanti.

Ia mengatakan, untuk harga cabai rawit merah per hari ini 6 November 2023 mencapai harga Rp70.000/kg. 

Harga ini cenderung menurun dibandingkan dengan harga minggu lalu yang mencapai Rp80.000/kg. 

Harga lainnya dari komoditi cabai jenis rawit hijau dan keriting merah seharga Rp60.000/kg. Selain itu, untuk cabai merah besar dibanderol dengan harga Rp40.000/kg. "Harga fluktuatif harian, bahkan pernah harga pagi dan sore bisa berbeda,"jelasnya.

Selain itu, harga bahan pokok lainnya  seperti telur mengalami kenaikan namun tidak signifikan mencapai Rp27.000/kg dari minggu sebelumnya Rp26.000/kg.

Untuk harga beras terbilang stabil yakni untuk beras medium di harga Rp11.933/kg dan beras termurah di harga Rp10.800/kg. 

Harga gula pasir Rp16.000/kg dan minyak goreng curah di harga Rp13.000/liter. 

Sedangkan untuk daging sapi cukup stabil Rp130.000/kg dan daging ayam Rp35.000/kg.

Riswanti mengungkapkan, selain karena musim kemarau berkepanjangan, komoditi cabai termasuk jenis sayuran yang mudah busuk setelah dipanen. "Sehingga harga mahal ini tergantung dari pasokan petaninya,"ujarnya.

Pihaknya menambahkan, masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok termasuk cabai, beras dan telur pada kegiatan Gerakan Pasar Murah (GPM) di Kemantren.

"GPM yang dilaksanakan di Kemantren-Kemantren Kota Yogyakarta dengan harga subsidi sehingga tidak terlalu tinggi. Bisa menjadi opsi membeli bahan pokok dengan harga miring,"ungkapnya.

Meskipun harga cabai naik, daya beli masyarakat tetap stabil. 

Sementara itu, salah satu penjual di Pasar Giwangan, Edi Sujianto mengatakan, kemarau berkepanjangan ini mengakibatkan harga bahan pokok naik drastis. 

Edi menambahkan, banyak pelanggan pasar yang mengeluhkan harga naik. "Memang naik sejak satu minggu ini. Mungkin karena kemarau berkepanjangan. Sehingga produksi cabai tidak banyak dan bisa jadi langka. Disini untuk cabai rawit kami jual Rp76.000/kg  dan cabai merah keriting Rp70.000/kg,"ungkapnya.

Meskipun harga cabai naik, daya beli masyarakat tetap stabil. Selain cabai, sayuran juga menjadi kebutuhan pangan yang terus dicari sebagai bahan makanan sehari-hari. Ia berharap, harga komoditi cabai segera turun dan bisa stabil

''Biasanya pembeli membeli cabai dalam jumlah banyak, tetapi karena sedang naik, jumlah yang dibeli sedikit,"ujarnya. (Hes)