Pedagang Pasar Rakyat Kota Yogya Meriahkan Disdagfest #2

MANTRIJERON - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan Gelar Produk Pasar Rakyat Kota Yogyakarta Disdagfest #2 dengan tema ‘Pasar Ora Ilang Kumandhange’. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 10-12 November 2023 di area parkir Barat Pasar Aneka Satwa dan Tanaman Hias (PASTHY), Jumat (10/11).

Pada kesempatan ini, Disdagfest dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo beserta istri, Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani dan pihak-pihak terkait dengan menerbangkan burung dara bersama-sama.  

Dalam kegiatan tersebut juga digelar  pasar murah bazar sembako sebagai upaya pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, untuk tahun ini peserta Disdagfest #2 Tahun 2023 berjumlah 30 pedagang dari  perwakilan paguyuban Pasar Rakyat Kota Yogyakarta, Mitra Kerja Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta yaitu Bulog Divre DIY, PT. Pangan Surya Makmur (Distributor Sembako), Toko Swalayan Pamella, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY serta Mitra UMKM Indomaret dan Bank BRI.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo beserta istri melihat barang antik yang di jual oleh salah satu pedagang di PASTHY.

Disdagfest #2 Tahun 2023 ini menjual berbagai kebutuhan. Mulai dari beras, minyak, telor, gula, terigu, daging sapi, ayam, sosis, nuget, bawang merah, bawang putih dan masih banyak lainnya. Dimana semua harganya jauh lebih murah dibanding harga pasar.

“Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat menumbuhkan minat untuk berbelanja di pasar rakyat Kota Yogyakarta dan menjaga agar tetap bergemuruh dan berkumandang,”ujar Ambar.

Ambar menambahkan, event tersebut dimeriahkan dengan berbagai macam stand seperti kuliner dan Layanan Informasi Dinas Perdagangan maupun dari Mitra Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta. Adapun berbagai macam barang antik dan tanaman hias.

Tak hanya itu, acara Disdagfest #2 2023 juga dimeriahkan dengan hiburan music dari Extravagongso, Kohi Sekai dan Band Pelestari Koes Plus ‘AM PLUS’.

Selain itu, berbagai lomba seperti lomba mewarnai bagi anak PAUD, senam bersama, lomba coswalk dan lomba ayam kate turut memeriahkan Disdagfest #2 Tahun 2023.

Singgih juga menyapa beberapa penjual dan pedagang lainnya disela-sela peninjauan stand Disdagfest #2.

Ia berharap, gelaran Disdagfest #2 ini mampu mendongkrak perekonomian di 29 pasar di Kota Yogyakarta. Sehingga pasar bukan hanya menjadi tempat berbelanja namun juga menjadi tempat edukasi, kuliner dan berwisata bersama keluarga.

“Pasar rakyat hingga saat ini menunjukkan ketangguhannya menghadapi berbagai macam musibah, namun pasar tetap bertahan. Hal ini menunjukkan pasar beserta elemen masyarakatnya sangat luar biasa. Terimakasih pasar rakyat di 29 pasar di Kota Yogyakarta bisa survive hingga saat ini,”ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengucapkan selamat dan sangat mengapresiasi kegiatan ini. 

Menurutnya, PASTY merupakan salah satu tujuan wisata di wilayah selatan Kota Yogyakarta. Dimana PASTY tidak hanya menjadi tempat untuk berwisata melainkan juga menjadi tempat pengembangan industri kreatif di Kota Yogyakarta.

Selain itu, adanya Disdagfest #2 Tahun 2023 ini menjadi salah satu bentuk nyata pengendalian inflasi daerah di Kota Yogyakarta melalui Bazar Sembako.

“Konsep pasar disini sangat bagus, tidak hanya ruang bertemu tetapi juga menjadi ruang ekspresi, rekreasi, edukasi yang luar biasa,”jelas Singgih.

Saat kunjungan orang nomer satu di Kota Yogyakarta ini juga menyapa beberapa penjual paruh baya yang menjualkan barang dagangannya.

Ia berharap, event ini ke depannya akan menghadirkan beberapa komunitas seperti komunitas kura-kura ataupun komunitas pecinta hewan lainnya untuk meramaikan Disdagfest berikutnya.

Selain itu, untuk pecinta anggrek dan pecinta tanaman hias lainnya juga dihadirkan disini. Sehingga semakin meriah penyelenggaraan Disdagfest

“Harapannya ke depan akan ditambah dengan berbagai komunitas satwa maupun tanaman hias. Agar dapat menambah ketertarikan masyarakat untuk berkunjung ke Disdagfest,”ujarnya. (Hes)