Festival Srawung Kampung Eratkan Kerukunan Warga

Kotagede-Untuk menjalin silahturahmi antar warga, warga RW 5 Gedongkuning Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede menggelar kegiatan Kampung Srawung.

Acara yang telah digelar sejak tanggal 9 hingga 11 November 2023 ini dipusatkan di fasilitas umum (fasum) RW tersebut.  Selain menampilkan berbagai kesenian dari warga, festival ini juga diramaikan dengan puluhan stand kuliner tradisional.

Di hari terakhir ini Penjabat Wali Kota, Singgih Raharjo berkesempatan mengunjungi acara tersebut. Dengan memakai kaos polo berwarna hitam yang bertuliskan YK ia langsung menjajal berbagai kuliner yang ada.

"Disini kulinernya enak-enak. Selain enak harganya pun terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000," katanya, Sabtu sore (11/11/2023).

Singgih menilai Festival Kampung Srawung akan berdampak sangat positif untuk warga. Selain itu lanjutnya, acara ini juga menyuguhkan pengalaman yang memadukan seni dan kuliner tradisional, menjadikannya pilihan yang menarik bagi para pecinta budaya dan kuliner.

"Sangat bagus sekali sebagai ajang silaturahmi dan menumbuhkan kepedulian antar-masyarakat perkotaan, juga bisa menggali potensi warga," ucapnya.

Sementara itu inisiator festival Kampung Srawung, Abdul Khalik mengatakan acara tersebut untuk melestarikan budaya srawung. Menurutnya budaya srawung jarang ditemui di perkotaan.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat meninjau berbagai stand makanan yang ada di Festival Kampung Srawung

"Budaya srawung biasanya kerap ditemui di masyarakat desa yang merupakan kearifan lokal dari masyarakat Jawa. Padahal budaya seperti ini patut dilestarikan sebagai akar budaya masyarakat," ungkapnya.

Dengan sudah digelar sebanyak enam kali, lanjutnya, membuktikan warga Kampung Gedongtengen menjadi lebih erat, baik itu sesama warga maupun dengan perangkat pemerintahan.

"Dampaknya bisa kita lihat sendiri, warga jadi lebih erat dengan perangkat pemerintahan dan sesamanya. Acara ini juga didukung penuh dari kelurahan," ujarnya. (Han)