Lomba Baris Berbaris Ciptakan Karakter Kuat dan Disiplin Generasi Muda

 


 

Umbulharjo - SMK N 3 Yogyakarta berhasil meraih predikat juara umum dalam Lomba Baris Berbaris Merah Putih XXIV Kota Yogyakarta Tahun 2023. Pada kesempatan ini, SMK N 3 Yogyakarta menyabet juara pertama untuk kategori putri dan putra tingkat SMA/SMK/MA sederajat serta komandan peleton terbaik kategori putra tingkat SMA/SMK/MA.

 

Komandan peleton terbaik kategori putra tingkat SMA/SMK/MA, Mohamad Nendra Narundana mengungkapan sekolahnya sangat berantusias dalam mengikuti lomba baris berbaris ini. Persiapan telah dilakukan sejak sebulan sebelum pelaksanaan dan pemantapan pada dua minggu terakhir.

 

Komandan peleton terbaik putra tingkat SMA/SMK/MA Sederajat

 

“Persiapan kita sudah sejak sebulan yang lalu, kemudian dua minggu terakhir ini kita latihan latihan setiap hari. Latihan fisik dan pemantapan serta kekompakan kita juga terus digembleng,” ungkap Nendra saat ditemui setelah pengumuman kejuaraan Lomba Baris Berbaris Merah Putih XXIV di Halaman Stadion Mandala Krida, Minggu (12/11).

 

Tentu rasanya senang sekali dan bangga bisa mendapat predikat juara umum, lanjutnya. Dirinya juga berharap prestasi ini akan terus diteruskan oleh adik kelasnya nanti. 

 

“Senang dan bangga bisa juara, semoga lomba ini akan semakin lebih baik dan kita juga bisa memberikan yang terbaik,” tambahnya.

 

Untuk juara umum tingkat SMP/MTs sederajat diraih oleh SMP N 5 Yogyakarta dengan dua regu meraih juara 2 dan 3 kategori putra dan juara pertama untuk kategori putri. Hadiah tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

 

Foto bersama juara umum tingkat SMP dan SMA 

 

Kegiatan Lomba Baris-Berbaris Merah Putih XXIV diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta yang kolaborasi dengan Purna Paskibraka Indonesia Kota Yogyakarta. Tema yang diangkat kali ini yaitu “Tjabhati Saujana” yang berarti sebuah cahaya yang terlihat sejauh mata memandang. Secercah cahaya tersebut adalah Lomba Baris-Berbaris.

 

“Lomba baris berbaris ini merupakan media yang tepat untuk membangun karakter pelajar yang lebih optimal. Karena dalam perlombaan ini mengandung kepemimpinan, kebersamaan, kerja keras dan kedisiplinan yang pada hakekatnya membangun karakter pemuda pemudi Kota Yogyakarta,” tutur Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

 

Suasana haru saat pengumuman juara Lomba Baris Berbaris Merah Putih XXIV

 

Menurutnya, nilai-nilai yang terkandung dalam baris berbaris ini dapat diterapkan dalam keseharian. Sehingga akan terbentuk sebuah karakter generasi muda yang kuat, disiplin dan berkarakter. Pihaknya juga berharap dengan lomba baris berbaris ini akan menciptakan kader-kader generasi emas yang akan memimpin bangsa dan negara ini dengan bijak.

 

“Saya ucapkan selamat kepada para juara dan saya sangat mengapresiasi seluruh peserta yang telah bersemangat dan kerja keras untuk berpartisipasi mengikuti perlombaan ini,” tambahnya. (Chi)