Dishub Pasang Rambu Rawan Kecelakaan di Jalan Veteran

Umbulharjo-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya terus melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir angka kecelakaan di Jalan Veteran yang berada di Kelurahan Warungboto, Umbulharjo.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Bimbingan Keselamatan Dishub Kota Yogya, Harry Purwanto mengatakan untuk meminimalisir hal tersebut pihaknya telah menyiapkan penanganan jangka pendek dan jangka panjang.

"Pada penanganan jangka pendek telah dilakukan pemasangan 5 buah rambu lokasi tersebut tepatnya di depan toko Sinar Dunia ke selatan, adapun rambu yang dipasang adalah 2 buah rambu peringatan tikungan, 2 buah rambu peringatan lokasi rawan kecelakaan, dan 1 rambu batas kecepatan," ungkapnya, Senin (13/11/2023).

Selain itu pada lokasi tersebut juga telah dipasang 2 buah spanduk yang berisi himbauan agar pengendara berhati-hati dan mengurangi kecepatan. 

Menurutnya pemasangan rambu ini sekaligus menjadi bentuk sosialisasi kepada pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut untuk lebih hati-hati.

"Adanya rambu-rambu tentunya akan berkontribusi dalam menciptakan kondisi keselamatan berlalu lintas," tandasnya.

Personel Dishub Kota Yogya dibantu dengan personel dari Kepolisian saat memasang rambu lalulintas di Jalan Veteran Yogyakarta.

Sementara untuk penanganan jangka panjang akan dilakukan dengan pemarkaan jalan dan pemasangan pita kejut. 

"Hal ini dilakukan berdasarkan identifikasi dan koordinasi terkait daerah rawan kecelakaan di Jalan Veteran dimana diperlukan penanganan untuk mengurangi potensi kecelakaan," bebernya.

Harry mengungkapkan berdasarkan data dari Satlantas Polresta Yogyakarta, sampai dengan bulan Oktober tahun 2023 tercatat 3 orang meninggal dunia dan 16 orang luka ringan akibat dari kecelakaan lalu lintas di Jalan ini.

"Pada Jalan Veteran terdapat tikungan tajam dan memiliki jarak pandang yang terbatas. Apalagi sepanjang jalan ini merupakan kawasan jasa dan pemukiman. Dengan kondisi tersebut maka dijumpai adanya kegiatan parkir tepi jalan," ujarnya.

Dengan dikakukan penanganan ini diharapkan mampu mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi di Jalan Veteran. (Han)