Siap Hadapi Masa Purna Tugas dengan Keterampilan Kewirausahaan

 


 

Umbulharjo - Sebanyak 112 pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan pembekalan keterampilan calon purna tugas Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2023 di Ruang Bima Balai Kota Yogyakarta, Selasa (14/11). Dalam pengarahan ini, para calon purna tugas dibekali pengetahuan administrasi serta keterampilan dan kewirausahan tematik.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas kontribusi serta pengabdian para calon purna tugas selama bertugas di Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

“Terima kasih atas pengabdian bapak ibu sekalian selama ini. Sekarang saatnya untuk menata hati dan pikiran, mempersiapkan mental agar siap menghadapi keseharian yang berbeda dengan sekarang setelah purna tugas nanti,” ujarnya.

 

Singgih juga berpesan untuk tidak memaksakan diri dan melanjutkan kehidupan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Menurutnya, setelah purna tugas merupakan saat yang tepat untuk memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh selama bertahun-tahun untuk berkontribusi lebih lanjut bagi masyarakat dan generasi yang akan datang.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan arahan kepada calon purna tugas

 

“Pada masa pensiun nanti, harus bisa menemukan sesuatu yang baru. Sudah harus memiliki tujuan dan perencanaan yang matang. Sehingga besok sudah tidak bingung akan melakukan apa di masa tua,” jelasnya.

 

Pembekalan keterampilan calon purna tugas Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2023 dilaksanakan sebagai upaya untuk mempersiapkan psikologis, pengetahuan, kemampuan dan keterampilan produktivitas bagi calon purna tugas dalam menjalani masa pensiun, maka calon purna tugas akan dibekali keterampilan dan kewirausahan tematik di bidang tata boga, perkebunan dan peternakan.

 

“Saya juga berharap agar menjaga kesehatan, baik fisik maupun psikis. Tidak perlu memaksakan diri, sesuaikan dengan kemampuan tapi tetap harus bergerak dan berolahraga,” tambahnya.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Hari Setyowacono juga akan purna tugas per Februari 2024 nanti. Selama menjadi pegawai, Hari melakukan perjalanan pulang pergi Boyolali-Kota Yogyakarta setiap harinya. Untuk masa pensiunnya, pihaknya mengaku ingin menikmati masa tua dengan hobinya yaitu mengoleksi aneka burung kicauan.

 

“Awal CPNS dulu pulang pergi setiap hari dari Boyolali - Kota Yogya menggunakan kendaraan umum. Jadi, setelah ini ingin istirahat dan menikmati kicauan burung,” ceritanya. (Chi)