Pelaku Usaha Perikanan Harus Mampu Ciptakan Keragaman Produk

Pakualaman - Untuk meningkatkan keaktifan pelaku usaha perikanan di Kota Yogyakarta, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengadakan sarasehan Temu  Pelaku Utama Perikanan pada Selasa (14/11/2023), di Hotel Jambu Luwuk Pakualaman Kota Yogyakarta.

Sarasehan tersebut diikuti sekitar 90 pelaku usaha perikanan yang terdiri dari Kelompok Pembudidaya ikan (Poldakan), Kelompok Pengolah Pemasar (Poklahsar), dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas). Acara tersebut menghadirkan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dan Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sukidi, Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Susanto Dwi Antoro dan Dosen Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Sugiyanto.

Dalam sambutannya Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menyampaikan bahwa dalam sektor pertanian dan peternakan khususnya perikanan perlu meningkatkan promosi dengan keragaman produk karena tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Yogyakarta masih rendah. “Mempengaruhi minat masyarakat tentu tidak lepas dari pada yang berkaitan dengan promosi”, ujarnya.

Kemudian ia juga menyampaikan tentang kondisi lahan di Kota Yogyakarta yaitu model pertanian dan peternakan perkotaan yang harus diselaraskan dengan pertumbuhan pariwisata Kota Yogyakarta. “Pertanian dan peternakan perkotaan itu harus diselaraskan dengan kekuatan penggerak ekonomi kota, nah penggerak ekonomi kota Yogyakarta niku kan soal-soal pariwisata,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut para pelaku usaha perikanan menyampaikan beberapa aspirasi berupa kendala dan perkembangan usahanya, diantaranya adalah sudah adanya kesadaran dari anggota kelompok tani yang menghasilkan progres signifikan dan adanya kendala pada kebutuhan air sebagai komponen utama dalam sektor perikanan.

Menanggapi hal tersebut, Sri Panggarti Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendampingi pelaku usaha untuk meningkatkan produksinya serta memberi solusi dari kendala-kendala yang dialami pelaku usaha perikanan di Kota Yogyakarta. “kami akan terus mendampingi bapak ibu sekalian.”, ujarnya.

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berharap acara ini dapat menjadi salah satu kesempatan bagi pelaku usaha perikanan untuk meningkatkan jaringan dan kolaborasi dalam usahanya. Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogakarta, Sukidi menyampaikan bahwa tujuan dari sarasehan ini adalah untuk meningkatkan keaktifan  dan kekompakan kelompok tani ternak. “Tujuan dalam pelaksanaan sarasehan ini adalah meningkatkan keaktifan dan kekompakan kelompok tani dalam meningkatkan usaha kita di sektor perikanan budidaya maupun perikanan pengolah dalam rangka mendukung kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan pariwisata,” ujarnya.

Sedangkan pelaku usaha perikanan berharap setelah acara tersebut dapat ditindak lanjut lagi, “Ya semoga bisa dilanjutkan (progam pendampingan dan forum komunikasi).” Ujar Made, salah satu pelaku usaha budidaya ikan lele di Kota Yogyakarta. (syf)