Dekranasda Fest Targetkan Produk IKM Yogya Mendunia   

GONDOKUSUMAN- Puluhan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Yogyakarta mengikuti pameran produk kerajinan bertajuk Dekranasda Fest 2023 pada 14-19 November di Galeria Mal. Kegiatan itu diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah(UKM) Kota Yogyakarta. Melalui kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan promosi dan produk IKM Yogyakarta bisa menginspirasi dunia.

Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Atik Wulandari mengatakan Kota Yogyakarta selain dikenal sebagai kota wisata, juga banyak pelaku IKM yang mampu menghasilkan karya terbaiknya. Produk IKM di Kota Yogyakarta juga bervariasi seperti makanan, minuman, fesyen, kerajinan dan logam. Oleh sebab itu Dekranasda Fest 2023 diadakan untuk meningkatkan promosi produk IKM Yogyakarta.

Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Atik Wulandari (kanan) saat meninjau produk fesyen ecoprint dan berbincang dengan pelaku IKM salah satu peserta Dekranasda Fest 2023.

“Ini kolaborasi dan sinergi antara Dekranasda Kota Yogyakarta dengan Disperindagkop UKM Kota Yogyakarta. Maka diselenggarakan Dekranasda Fest 2023 yang mengambil tema sentuhan karya Jogja menginpirasi dunia,” kata Atik saat pembukaan Dekranasda Fest 2023, di Galeria Mal, Selasa (14/11/2023).

Dekranasda Fest 2023 diikuti sekitar 45 peserta pelaku IKM di Yogyakarta. Produk yang dipamerkan adalah kerajinan, fesyen, dan kuliner antara lain kain batik, kulit, sandal, fesyen ecoprint seperti baju, sepatu, tas dan dompet. Produk IKM yang dipamerkan tersebut yang telah melalui proses kurasi oleh Tim Kurasi dari Dekranasda Kota Yogyakarta.

Suasana Dekranasda Fest 2023 di Galeria Mal Yogyakarta yang diikuti puluhan IKM binaan Dekranasda Kota Yogyakarta. 

Selain pameran, Dekranasda Fest 2023 juga diisi dengan kegiatan workshop kreatif seperti membatik lukis dan ecoprint, talkshow, fesyen show modeling anak-anak. Kegiatan juga akan dimeriahkan dengan festival sanggul nusantara, lomba cinderamata dan Dekranasda Award. Dalam pembukaan Dekranasda Fest 2023 juga dihadiri Ketua Dekranasda Gunungkidul Diah Purwanti Sunaryanta dan Ketua Dekranasda Bantul Emi Masruroh Abdul Halim.

“Dengan adanya Dekranasda Fest ini, mudah-mudahan bisa mendorong semangat kewirausahaan masyarakat. Meningkatkan kualitas dan kreativitas pengrajin untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan dan mempromosikan produk kerajinan. Harapannya potensi industri kerajinan bisa menjadi sumber peningkatan kesejahteraan pengrajin,” terang Atik.

Para pengunjung memilih produk kerajinan perhiasan manik-manik dalam Dekranasda Fest 2023.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengapresiasi atas penyelenggaran Dekranasda Fest 2023. Menurutnya Dekranasda Fest adalah kegiatan promosi yang efektif karena memilih mal sebagai lokasi acara. Kegiatan itu juga tepat karena banyak pengusaha di Yogyakarta adalah IKM dan UMKM. Dekranasda Fest menjadi wadah pembinaan, sekaligus promosi dan penjualan produk kerajinan Yogyakarta

“Ini adalah kesempatan kita untuk memberikan apresiasi kepada produk-produk kerajinan kita (Yogyakarta). Temanya juga sangat bagus agar produk produk kerajinan yang dibina Dekranasda inginnya mendunia. Sudah terbukti pada saat event ATF (Asean Tourism Forum) produk UMKM dan IKM di DIY dan ternyata laris manis dibeli oleh para delegasi yang datang dari negara Asean,” tutur Singgih.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo (kanan) bersama Atik Wulandari saat melihat dan membeli produk IKM dalam Dekranasda Fest 2023.

Dalam kesempatan itu, Singgih mengajak para tamu yang hadir dan pengunjung mal untuk membeli produk Dekranasda Fest dengan menjadi Rojali yakni rombongan jadi beli. Saat meninjau beberapa stan IKM, Singgih bersama istrinya Atik Wulandari juga membeli beberapa produk seperti dompet, topi dan kain ecoprint.(Tri) 

Pembukaan Dekranasda Fest 2023 ditandai dengan membunyikkan othok-othok yakni permainan tradisional dari bambu.