LPMK Dorong Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Pembangunan

Mergangsan-Pengurus Asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Se-Kota Yogya periode 2023 - 2028 resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo.

Dalam pelantikan tersebut, Penjabat Wali Kota mengatakan jika LPMK merupakan wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi masyarakat di bidang pembangunan. 

Menurutnya keberadaan LPMK merupakan mitra kerja penting Pemkot Yogya yang berasal dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. LPMK sendiri merupakan subyek pembangunan, dalam mewujudkan pembangunan partisipatif dari masyarakat.

“LPMK berperan agar peningkatan kesejahteraan dan perekonomian di Kota Yogya dapat merata di seluruh lapisan masyarakat, salah satunya dengan melakukan kerjasama oleh berbagai pemangku kepentingan” ungkapnya di Tasneem Hotel and Convention Yogyakarta, Selasa (14/11/2023).

Orang nomor satu di Kota Yogya ini meminta kepada Asosiasi LPMK agar dapat terus bersinergi dengan Pemkot Yogya serta saling melengkapi dan saling memperkuat demi tercapainya pembangunan di Kota Yogya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat mengukuhkan Pengurus Asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Se-Kota Yogya periode 2023-2028.

"Keberhasilan pembangunan pada hakekatnya tidak hanya ditentukan oleh pemerintah semata, tetapi dibutuhkan partisipasi aktif masyarakat yang menjadi kunci utama agar pembangunan dapat berhasil," bebernya.

Dari pelantikan tersebut Haryanto yang menjabat sebagai ketua umum Pengurus Asosiasi LPMK Se-Kota Yogya periode 2023 - 2028.

Sementara ketua satu dijabat oleh Soegiarto, ketua dua dijabat oleh Soegiarto, dan ketua 3 dijabat oleh Suparyanto. (Han)