Pemkot Yogya Apresiasi 5 Ormas Aktif dan Taat Regulasi

GEDONGTENGEN- Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberikan apresiasi Ormas Award kepada 5 organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kota Yogyakarta. Pemberian Ormas Award itu sebagai bentuk penghargaan Pemkot Yogyakarta kepada ormas yang aktif, taat regulasi dan berdampak ke masyarakat.
"Ini sebagai bentuk penghargaan  terhadap teman-teman ormas di Kota Yogyakarta yang memenuhi secara regulasi, keaktifan dan pengaruh kepada masyarakat itu berdampak besar, " kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, Nindyo Dewanto ditemui usai penyerahan Ormas Award 2023 di Hotel Royal Dharmo, Rabu (15/11/2023).
Kelima ormas yang mendapatkan Ormas Award 2023 Kota Yogyakarta adalah Wahdah Islamiyah dengan juara I,  Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) juara II,  sentra komunikasi mitra Polri (Senkom) juara III, Paksi Katon juara harapan I dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) juara harapan II. Lima ormas tersebut telah melalui penilaian dan penyaringan dari puluhan ormas.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Nindyo Dewanto (kiri) menyerahkan trophi Ormas Award dan apresiasi plakat juara berupa uang secara simbolis kepada salah satu ormas.

Nindyo menyatakan penilaian Ormas Award dilakukan tim juri dengan melihat berbagai aspek yakni ketaatan terhadap regulasi seperti kepemilikan surat izin dan surat tanda daftar organisasi,  keberadaanya berdampak besar kepada masyarakat, keaktifan dalam kegiatan yang diadakan Kesbangpol Kota Yogyakarta serta kemandirian. Termasuk penilaian dengan melihat media sosial para ormas tersebut.
"Dengan adanya Ormas Award ini semoga dapat memacu dan memicu teman-teman ormas untuk tahun depan bisa lebih aktif, lebih berdaya guna dan dukungan pada pemerintah semakin berpengaruh. Terutama untuk Kota Yogyakarta yang aman dan kondusif, " tuturnya.
Dia menyebut total ada sekitar 209 ormas di Kota Yogyakarta. Namun baru sekitar 56 ormas yang sudah terdaftar resmi di Kesbangpol Kota Yogyakarta. Menurutnya belum semua ormas  terdaftar di Kesbangpol karena dimungkinkan ada kendala yang dialami ormas. Oleh sebab itu pihaknya mengimbau ormas agar memberikan perhatian terkait pendaftaran dari sisi regulasi. Ormas di Kota Yogyakarta bergerak di berbagai bidang antara lain keagamaan, perempuan, lingkungan hidup, pendidikan dan keamanan.

Para ormas di Kota Yogyakarta yang hadir dalam Ormas Award 2023 Kota Yogyakarta berfoto bersama.

Menjelang pemilihan umum, Kesbangpol Kota Yogyakarta juga melakukan pemberdayaan ormas untuk menjaga kondisi yang kondusif di masyarakat. Pihaknya menegaskan Kota Yogyakarta sudah memiliki tim pemantau ormas. 
"Teman-teman ormas ini berhubungan langsung dengan masyarakat. Kami berharap teman-teman ormas di Kota Yogyakarta membantu pemerintah membuat suasana ''adem' untuk menjaga kondusifitas di Kota Yogyakarta. Jangan malah memperkeruh, " tegas Nindyo.
Sementara itu perwakilan dari Wahdah Islamiyah Kota Yogyakarta Zunan Ahmad Fadholi  tidak mengira ormas yang digelutinya menerima Ormas Award. Dia menyampaikan Wahdah Islamiyah bergerak pada bidang keagamaan Islam misalnya mengadakan kelas baca Alquran untuk menuntaskan buta huruf Alquran.

Perwakilan Wahdah Islamiyah Kota Yogyakarta menerima Ormas Award 2023 juara I.


"Dengan apresiasi ini menambah semangat agar Wahdah Islamiyah lebih berkontribusi kepada masyarakat Yogya secara lebih luas dan lebih banyak," ucap Zunan.(Tri)