Kejurnas Taekwondo Wali Kota Cup Yogya Jadi Ajang Pembibitan Atlet   

UMBULHARJO- Ribuan atlet taekwondo dari berbagai daerah mengikuti Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X pada 18-19 November 2023 di Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo Yogyakarta. Pemerintah Kota Yogyakarta berharap melalui kegiatan itu dapat menjadi ajang untuk pembibitan atlet taekwondo.

Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X 2023 dibuka oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo dengan memukul gong. Pembukaan juga dihadiri jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta, dan pengurus cabang olahraga taekwondo Kota Yogyakarta dan DIY serta pelatih dan mantan atlet taekwondo di Indonesia Master Rahmi Kurnia.

Pembukaan Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X 2023 ditandai dengan pemukulan gong oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

“(Wali Kota Cup) Ini merupakan komitmen Pemkot Yogyakarta untuk mencetak atlet-atlet taekwondo,” kata Singgih saat pembukaan Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X di GOR Amongrogo, Sabtu (18/11/2023).

Singgih berharap kehadiran Master Rahmi dapat menginspirasi para atlet yang bertanding dalam Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X 2023. Master Rahmi tidak hanya mengharumkan nama Kota Yogyakarta dan DIY, tapi juga Indonesia pada ajang Olimpiade di Barcelona tahun 1992 dengan meraih medali perak.

“Saya berharap ajang taekwondo Wali Kota Cup ini akan menjadi  pembibitan atlet-atlet taekwondo. Terutama untuk Kota Yogyakarta yang nantinya bisa menjadi atlet taekwondo di level DIY. Tentu saya berharap atlet-atlet muda anak-anak ini akan terus bertanding. Saya titip kepada orang tua yang membersamai anak-anak untuk terus menyemangati mereka bertanding,” terangnya.

Singgih memberikan sambutaan saat pembukaan Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X.

Singgih juga berpesan kepada para pelatih untuk tidak bosan melatih anak-anak menjadi atlet taekwondo. Mengingat anak adalah aset untuk menuju generasi emas Indonesia. Pihaknya mengapresiasi Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X. Termasuk para atlet dari luar Kota Yogyakarta yang mengikuti kejuaraan itu karena bisa menggerakan perekonomian dengan menginap di hotel, akses restoran, transportasi dan oleh-oleh di Yogyakarta

“Mari kita terus menggiatkan kegiatan olahraga di Kota Yogyakarta. Ini merupakan komitmen kita bersama. Tidak hanya Pemkot Yogyakarta, tetapi kolaborasi antar pihak terkait untuk bisa menyumbangkan prestasi di Kota Yogyakarta,” paparnya.

Singgih menyerahkan trophi dan uang pembinaan Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X secara simbolis kepada ketua panitia.

Sementara itu Ketua Panitia Kejurnas Taekwondo Wali Kota Cup X Turas Rio Anggoro mengatakan kejuaraan Taekwondo Wali Kota Cup X adalah kegiatan nasional dengan grade C. Kejuaraan Taekwondo Wali Kota Cup X diikuti sekitar 1.045 atlet yang terdiri dari 110 kontingen dari DIY, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur. Dalam kejuaraan memperebutkan uang pembinaan dengan total mencapai Rp 25 juta.

“Taekwondo yang dipertandingkan adalah kyorugi dan poomsae. Ada kelas pertandingan berdasarkan berat badan dan pembagian kelompok dari senior, junior, kadet, prakadet dan superkadet,” tambah Rio.

Salah satu atlet yang mengikuti kegiatan itu Shakira Diva Anthony (12) mengaku senang. Kejuaraan taekwondo Wali Kota Cup itu menjadi ajang yang pertama kali diikutinya. “Menurutku seru. Semuanya tidak ada kendala atau masalah teknis,” kata Diva yang berhasil meraih medali perak.(Tri)

Para atlet saat bertanding dalam Kejuaraan Nasional Taekwondo Wali Kota Cup X.