Semangat Warga Danurejan Gerakkan Perekonomian dan Majukan Kesehatan

 


 

Danurejan - Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi kegiatan Danurejan Expo 2023 “Sigrak Tumandang Gawe” yang diselenggarakan di Halaman Kemantren Danurejan, Sabtu (18/11). Acara ini dibuka sejak pagi hari yang diawali dengan senam massal dan akan ditutup pada malam harinya dengan pentas seni budaya dari masyarakat Kemantren Danurejan. 

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo turut hadir dalam kemeriahan Danurejan Expo 2023. Pada kesempatan ini, Singgih Raharjo menjadi salah satu peserta cek kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Danurejan I dan Puskesmas Danurejan II. Tidak hanya cek tensi dan gula darah, tim kesehatan dari puskesmas juga memfasilitasi konsultasi terkait gizi dan psikologi.

 

“Tentu saya memberikan apresiasi kepada Kemantren Danurejan dan stakeholder yang sudah menyelenggarakan dengan sebuah tema Sigrak Tumandang Gawe ini menunjukkan satu semangat untuk bersama-sama bergerak, tentunya mengatasi segala permasalahan yang ada di masyarakat,” ungkapnya saat berkeliling di bazar UMKM Kemantren Danurejan.

 

Pada kesempatan ini juga diberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada sejumlah balita di wilayah Danurejan. Kegiatan ini merupakan hasil berkolaborasi pemerintah dengan masyarakat dan berbagai pihak swasta. 

 

 

“PMT untuk anak-anak tentu ini suatu kegiatan yang sangat baik. Kita ingin preferensi angka stunting itu kita turunkan terus. Nanti mantri pamong praja bersama Lurah bersama juga Posyandu untuk terus memantau perkembangan anak-anak terutama di usia 1000 hari pertama ini karena paling efektif,” ujar Singgih.

 

Pada kesempatan ini, Singgih tidak luput untuk berkeliling di stand bazar UMKM dan memborong berbagai produk yang diproduksi oleh UMKM dari Kemantren Danurejan itu. Menurutnya, kegiatan yang melibatkan bazar UMKM dapat menggerakan roda aktivitas perekonomian, pemberdayaan masyarakat, peningkatan serta pemerataan kesejahteraan, serta penguatan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

 

“Ini sangat meriah sekali yaa, produk yang dijual juga beraneka macam. Harapannya ini menjadi penyemangat masyarakat Danurejan untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” tambahnya.

 

 

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Danurejan Bambang Endro Wibowo mengungkapkan pada kegiatan ini juga ada lomba mewarnai untuk anak-anak, lomba paduan suara TP-PKK antar kelurahan dan lomba karaoke “Danurejan Idol”. 

 

Agar semakin meriah, Danurejan Expo 2023 memberikan berbagai macam doorprize. Sebagian dibagikan setelah acara senam massal dan sebagiannya akan dibagikan di sela-sela pentas seni di malam hari.

 

“Nanti sore juga ada talkshow tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh Polresta,” tambahnya.

 

Pihaknya menegaskan kegiatan Danurejan Expo 2023 dengan tema Sigrak Tumandang Gawe salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas produk dan fasilitasi akses pemasaran dan memperkuat daya saing produk untuk kemajuan UMKM. (Chi)