JSS Ditetapkan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Jakarta-Aplikasi unggulan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya yakni Jogja Smart Service (JSS) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini JSS masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Nasional dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Azwar Anas kepada Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo di Hotel Bidakara Jakarta,  Selasa (21/11/2023).

Azwar Anas mengatakan diraihnya penghargaan tersebut lantaran penerapan teknologi informasi pada Pemkot Yogyakarta dinilai apik dan sukses.

Pihaknya mengungkapkan dalam penilainya KIPP tahun 2023 dilakukan secara independen dan akuntabel oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen tanpa intervensi dari pihak manapun.

“Para finalis Top Inovasi telah melalui proses penilaian lanjutan berupa presentasi dan wawancara serta verifikasi dan observasi lapangan,” ujarnya.

MenPANRB menegaskan jika Kementerian PANRB selaku pembina pelayanan publik akan terus memastikan reformasi yang berdampak langsung sehingga dapat dirasakan masyarakat, salah satunya melalui inovasi pelayanan publik. 

Menurutnya inovasi sangatlah dibutuhkan untuk merespon perubahan lingkungan yang cenderung dinamis sebagai bentuk pengembangan inovasi dan dalam rangka untuk mengakselerasi pelayanan publik yang lebih baik.

"Dimana pelayanan publik perlu melakukan penyesuaian ke arah yang lebih cepat, tepat, efektif, efisien dan fleksibel yang dapat memberikan warna baru dalam pelayanan publik tersebut," katanya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogya, Tri Hastono usai menerima penghargaan 
Top 45 Inovasi Pelayanan Publik di Hotel Bidakara Jakarta,  Selasa (21/11/2023).

Ditemui usai menerima penghargaan, Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo menyatakan kebanggaan dan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih Pemkot tersebut.

"Penghargaan ini adalah sebuah pemicu Pemkot untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik," ungkapnya.

Singgih mengatakan bahwa Pemkot Yogya tidak hanya mengejar penghargaan  semata melainkan implementasi teknologi yang berjalan di masyarakat yang menjadi fokus utama.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini pun akan terus mendorong Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Yogya agar selalu melahirkan inovasi di bidangnya masing-masing sehingga percepatan pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan bisa diwujudkan secara cepat, tepat sasaran serta efisien dan akuntabel.

"Pemkot Yogya akan terus berkomitmen melakukan inovasi-inovasi dan akan terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan layanan berbasis digital," bebernya.

Terkait JSS, Singgih menyatakan JSS merupakan aplikasi milik Pemkot Yogya untuk pelayanan publik secara digital atau online bagi masyarakat. JSS memberikan berbagai pelayanan publik diantaranya kependudukan, perizinan, kesehatan, dan pendidikan. 

Aplikasi JSS ini, lanjutnya, dapat diunduh di play store bagi pengguna telepon seluler berbasis android dan app store bagi pengguna iphone.

"Masyarakat bisa langsung mendaftar di JSS untuk mengakses pelayanan Pemkot Yogya, sehingga waktunya lebih cepat dan lebih transparan. Masyarakat akan dimudahkan karena tidak perlu bolak balik ke balaikota untuk mengurus pelayanan seperti perizinan dan kependudukan,” terangnya. (Han)