Diklat Perpamsi Tingkatkan Kompetensi dan Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Jetis-Persatuan Perusahaan Air Minum seluruh Indonesia (Perpamsi) DIY terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) disektor pelayanan dan penyediaan air minum salah satunya dengan menggelar diklat excellent service dan leadership.

Ketua Umum Perpamsi DIY, yang juga merupakan Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Majiya mengatakan diklat tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan bagi peserta yang merupakan bagian dari organisasi perusahaan.

"Diklat ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat," katanya di Hotel Khas Tugu Yogya, Rabu (22/11/2023).

Diklat yang digelar selama dua hari ini diikuti oleh 50 orang peserta yang merupakan gabungan dari karyawan PDAM se-DIY. "Masing-masing PDAM Kota/Kabupaten mengirimkan 10 peserta," ujarnya.

Diharapkan dengan adanya diklat tersebut para peserta mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan menguasai keahlian di bidangnya.

Sehingga, lanjutnya, dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dapat dijalankan dengan efektif serta efisien sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan perkembangan ilmu dan teknologi.

"Jadi untuk peserta diharapkan harus bisa mem-back up segala persoalan yang timbul dalam proses pelayanan air minum," imbuhnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta saat membuka diklat excellent service dan leadership yang digelar oleh Persatuan Perusahaan Air Minum seluruh Indonesia (Perpamsi) DIY.

Diklat tersebut dibuka oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. Pihaknya pun sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya diklat tersebut. 

Menurutnya diklat ini sangatlah penting, karena tuntutan pelanggan akan kualitas air bersih semakin tinggi.

"Tak hanya cakupan layanan distribusi saja, namun termasuk kelancaran hingga kualitas air yang didistribusikan," bebernya.

Untuk itu, lanjutnya, sebagai penyedia jasa air bersih dan air minum, peningkatan kompetensi karyawan di PDAM harus terus ditingkatkan untuk mengimbangi tuntutan tersebut.

Singgih ijuga meminta kepada para peserta agar tidak hanya sekedar hadir dan mendengarkan, tetapi harus berperan aktif mengikuti seluruh materi yang akan disampaikan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta saat membuka diklat excellent service dan leadership yang digelar oleh Persatuan Perusahaan Air Minum seluruh Indonesia (Perpamsi) DIY.

"Selain mendapatkan berbagai ilmu untuk pengembangan diri, diklat ini juga merupakan wahana yang sangat strategis dalam membina dan menjalin jejaring dengan rekan-rekan seprofesi yang berasal dari daerah lain," katanya. (Han)