Ganti Lampu PJU Pakai LED, Pemkot Yogya Hemat Biaya Listrik   

UMBULHARJO- Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan seluruh lampu penerangan jalan umum (PJU) menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED). Mengingat penggunaan lampu LED menghemat biaya tagihan listrik PJU. Untuk itu Pemkot Yogyakarta mengganti lampu PJU dengan jenis LED secara bertahap setiap tahun.

“Harapannya semua LED. Karena dengan LED hemat kaitannya dengan tagihan listrik,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setyowacono, beberapa waktu lalu.

Hari menuturkan penggunaan lampu LED baru sekitar 50 persen dari total lampu PJU di Kota Yogyakarta. Sedangkan sisanya masih menggunakan lampu sodium. Namun demikian diupayakan penggantian PJU dengan lampu LED secara bertahap setiap tahun. Dia menyebut jumlah lampu PJU di Kota Yogyakarta saat ini sekitar 29.000 titik. Baik PJU kampung, lingkungan maupun PJU di jalan-jalan protokol.

Pemasangan lampu PJU menggunakan crane di Jalan Juwadi Kotabaru. 

“Kita melakukan penggantian LED  bertahap di jalan-jalan protokol,” ujarnya.

Hari menyatakan pada tahun 2023, peningkatan PJU dengan lampu LED dilakukan di kawasan Kotabaru, jalan di Wirobrajan dan sisi barat Jalan Kusumanegara. Sedangkan untuk PJU lingkungan kampung dia menilai sudah cukup banyak menggunakan lampu LED karena saat pemasangan telah diarahkan menggunakan lampu jenis itu.

“Di tahun 2023 ini di (anggaran) perubahan juga kita akan mengganti lampu-lampu yang nonLED sehingga kawasan Kotabaru juga ‘gebyar-gebyar’,” papar Hari.

Penggunaan lampu LED dinilai lebih hemat dibandingkan dengan lampu sodium tekanan tinggi atau SON dan lampu merkuri. Oleh sebab itu meskipun penggunaan LED pada lampu PJU baru 50 persen, tapi  sudah menghemat biaya listrik lampu PJU.

Petugas memasang lampu LED dan membersihkan komponen PJU di Jalan Juwadi Kotabaru. 

“Itu saja sudah menghemat pembayaran tagihan listrik lampu PJU. Karena rekening listrik PJU di Yogya tiap bulannya kurang lebih Rp 1,3 miliar,” imbuhnya.

Penggantian jenis lampu PJU dengan jenis LED salah satunya  dilakukan di Jalan Juwadi Kotabaru pada Kamis (23/11/2023). Lampu LED yang digunakan untuk PJU di Kotabaru menggunakan daya 120 watt. 

Secara terpisah Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) PJU Dinas PUPKP Kota Yogyakarta Megarani Mandaka menyampaikan pada tahun 2023 dilakukan pemasangan PJU lampu LED di beberapa titik yakni Jalan Piere Tendean  Bugisan, Jalan Sultan Agung, Jalan Dr Sutomo, Jalan kompol Bambang Suprapto dan Jalan Melati Wetan. Selain itu PJU di lingkungan kampung yang tersebar di banyak lokasi. Pemasangan PJU lampu LED termasuk pemeliharaan jaringan dianggarkan sekitar Rp 19 miliar. 

Petugas menunjukan lampu LED sebelum dipasang pada tiang PJU di Jalan Juwadi Kotabaru.

“Selain hemat, lampu LED adalah teknologi yang  yang dipakai sekarang, jadi ketersediaan lebih banyak dibandingkan lampu sodium. Lebih simpel dalam pemeliharaan  dan perawatannya,” tambah Mega saat dikonfirmasi, Kamis (23/11/2023).

Dia menyebut harga satu unit lampu LED PJU berkisar Rp 8-10 juta. Jika PJU lengkap dengan tiang, ornamen dan lainya berkisar Rp 12 juta sampai Rp 15 juta.  (Tri)

Setelah dipasang, lampu PJU yang menggunakan jenis LED dipastikan fungsinya menyala.