Omah Budaya Kidang Alas Pusat Pelestarian Budaya Pemersatu Warga

Kotagede-Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo meresmikan Omah Budaya Kidang Alas yang berada di RW 05 Gedongkuning, Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede.

Peresmian itu ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatangan prasasti, Sabtu malam (25/11/2023).

Pihaknya pun menyambut baik pembangunan rumah budaya tersebut. Menurutnya dengan adanya rumah budaya ini akan menjadi pusat pelestarian budaya dan dapat menjadi pemersatu warga.

"Kehadiran rumah budaya ini semakin memperkaya khasanah budaya dan merepresentasikan harmonisasi keberagaman adat dan budaya di Kota Yogya," tandasnya.

Singgih mengungkapkan akan pentingnya melestarikan berbagai kesenian dalam perkembangan budaya daerah di wilayah.

"Pemkot Yogya berkomitmen untuk selalu mendorong seni budaya agar terus berkembang di Kota ini," bebernya.

Singgih berharap rumah budaya tersebut mampu melengkapi sarana seni dan budaya dalam merawat dan mengembangkan kreativitas masyarakat.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat melakukan pengukuhan 

pengurus Omah Budaya Kidang Alas periode 2023-2026.

Sementara itu ketua panitia acara tersebut, Heru Sanyoto mengatakan Omah Budaya Kidang Alas nantinya akan digunakan sebagai tempat pementasan berbagai kesenian.

"Rumah Budaya ini juga menjadi tempat menampung aspirasi masyarakat. Masyarakat juga dapat memanfaatkan tempat ini. Misal membutuhkan tempat untuk pertemuan," jelasnya.

Adanya omah budaya ini, lanjutnya, adalah wujud kecintaan masyarakat Gedongkuning terhadap seni budaya.

Dengan adanya bangunan tersebut, Heru berharap berbagai kegiatan dapat terlaksana lebih baik lagi dan dapat berkontribusi bagi pengembangan budaya di Kota Yogya.

“Adanya rumah budaya ini semoga juga dapat turut andil dalam membangun karakter bangsa,” ungkapnya.

Salah satu warga RW 05 Gedongkuning, Laksmono mengungkapkan rasa syukurnya atas peresmian rumah budaya tersebut.

"Dengan diresmikannya rumah budaya ini warga Gedongkuning bisa semakin kompak, apalagi digedongkuning banyak sanggar tari, jadi tempat ini bisa sebagai sarana pengembangan bakat anak-anak Gedongkuning," jelasnya. (Han)