Dukung Pengembangan Perusahaan Daerah, Pemkot Tambah Penyertaan Modal

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menyerahkan dana penyertaan modal bagi tiga perusahaan yakni Bank BPD DIY, Perumda BPR Bank Jogja, dan Perseroda Jogjatama Vishesha.

Dalam kesempatan tersebut Pemkot Yogya menyuntikkan modal kepada Bank BPD DIY sebesar Rp 12.9 milyar, untuk Perumda BPR Bank Jogja sebesar Rp 35 milyar, dan Perseroda Jogjatama Vishesha sebesar Rp 6,7 milyar. 

Penyertaan modal juga telah sesuai amanat Peraturan Daerah (Perda) Kota Yogyakarta Nomor 17 Tahun 2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo   mengatakan dengan disuntikkanya modal tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan berdampak pada pemerataan ekonomi di Kota Yogya.

"Semoga seluruh masyarakat Kota Yogya terutama para pelaku UMKM dapat kemudahan dalam mengakses kredit untuk usaha mereka," ujarnya di Ruang Yudistira Senin (27/11/2023).

Pihaknya menilai berbagai produk kredit yang selama ini dimiliki BPD DIY dan Perumda BPR Bank Jogja telah banyak membantu para pelaku UMKM di Kota Yogya.

"Untuk itu dengan penyertaan modal ini, BPD DIY dan Perumda BPR Bank Jogja bisa segera menindaklanjuti dengan realisasi rencana bisnis yaitu menambah alokasi kredit bagi UMKM di Kota Yogya," ungkapnya.

Sedangkan untuk Perseroda Jogjatama Vishesha selaku pengelola XT Square Singgih meminta agar terus mengembangkan dan memperluas lini bisnis agar bisa memberikan kontribusi kepada pendapatan daerah.

"Perluasan bisnis perlu dilakukan tetapi dengan mengikuti dan memperhatikan regulasi yang ada untuk menghasilkan pendapatan daerah," katanya.

Singgih pun optimis ketiga perusahaan tersebut, dapat meningkatkan peran yang lebih besar untuk membantu Pemkot Yogya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Penyertaan modal ini tidak hanya sebagai bentuk dukungan, tapi juga kepercayaan Pemkot Yogya kepada ketiga perusahaan tersebut," katanya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo      bersama Direktur Utama BPD DIY Santoso Rohmad saat acara penyertaan modal bagi tiga BUMD.

Sementara itu Direktur Utama BPD DIY Santoso Rohmad mengucapkan terimakasihnya kepada Pemkot Yogya atas suntikan modal tersebut.

Pihaknya manegaskan BPD DIY akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kota Yogya dan DIY. (Han)