Peringatan HUT KORPRI Ke-52 Jaga Netralitas dan Profesionalitas

UMBULHARJO - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingati HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Salah satunya dengan menyelenggarakan upacara yang diikuti ratusan anggota KORPRI, pada hari Rabu (29/11) di Halaman Balaikota Yogyakarta. 

Momentum ini tidak sekedar menjadi hari bersejarah dalam perjalanan KORPRI, tetapi juga sebagai kesempatan untuk merenung, mengevaluasi, dan memperkuat komitmen terhadap pembangunan khususnya di Kota Yogyakarta.

Selain upacara, kegiatan ini dimeriahkan dengan persembahan kolaborasi konfigurasi 52 Tahun KORPRI oleh Tim Unit Upacara (URA) dan dilanjutkan dengan line dance yang diikuti ratusan anggota KORPRI.

Upacara yang diikuti ratusan anggota KORPRI dan jajaran Pemkot Yogya dengan inspektur upacara Wakil Ketua Dewan Pengurus Korpri Wasesa.

Dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan tema peringatan Hari KORPRI kali ini yakni KORPRI-kan Jogja, KORPRI-kan Indonesia’ diharapkan, Korpri sebagai garda terdepan aparatur negara. 

Upacara dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Pengurus KORPRI Wasesa dan diikuti ratusan anggota KORPRI.

Selain itu, pihaknya mengatakan, pada perayaan HUT KORPRI yang ke-52 ini, KORPRI Kota Yogyakarta berhasil meraih penghargaan KORPRI Award Nasional Tahun 2023 pada kategori Dewan Kepengurusan untuk Tingkat Kota. 

Dimana penghargaan ini diberikan kepada Dewan Pengurus KORPRI yang aktif menggerakan organisasi KORPRI di instansi atau wilayah dan memiliki program yang bermanfaat bagi anggota maupun masyarakat. 

Sehingga harapannya dengan mendapat penghargaan ini, KORPRI Kota Yogyakarta mampu menjadi contoh bagi wilayah lain.

“Kita harus menjadi teladan yang disiplin, etos kerja dan profesionalisme, sehingga masyarakat dapat melihat bahwa KORPRI adalah kekuatan positif yang mendorong kemajuan bangsa. Keberhasilan KORPRI tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama seluruh anggota,”jelasnya.

Wasesa juga berharap, dalam konteks Pemilu Serentak 2024 diharapkan para anggota KORPRI menjaga netralitas dan profesionalismenya. sebab Pemilu adalah salah satu momentum dimana profesionalitas ASN dan citra KORPRI diuji. 

“Mari kawal netralitas ASN. Sehingga dalam menjalankan perannya sebagai pelayan publik berjalan dengan baik,”ungkapnya.

Upacara diikuti ratusan anggota KORPRI dengan khitmad.

Sementara itu, salah satu anggota KORPRI yang juga merupakan Penelaah Teknis Kebijakan dan Pengadministrasi Umum Sekretariat Dewan Pengawas KORPRI Kota Yogyakarta Novan Akbar Wicaksono mengungkapkan, turut berbangga bisa mengikuti perayaan HUT KORPRI yang ke-52 ini.

Ia berharap, peringatan hari bersejarah organisasi KORPRI ini, dapat menjadikan momentum para anggota KORPRI selaku abdi negara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Semoga bisa menjadi abdi negara yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bersikap netral, dan menjadi alat pemersatu bangsa di tengah suasana pemilu serentak 2024. Sehingga anggota KORPRI dapat semakin solid dan saling bersatu padu demi kemajuan bangsa,”ungkapnya. (Hes)