Peduli Sosial Pemkot Yogya Gowes Sambang Kampung Tilik Warga

Danurejan - Gowes Sambang Kampung Pemkot Yogyakarta kembali digelar pada Jumat (12/1) menyusuri perkampungan di kelurahan Suryatmajan dan Tegalpaggung, sebagai salah satu media untuk lebih dekat dengan warga dan mengenali potensi wilayah yang dimiliki.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, Gowes Sambang Kampung yang mengangkat tema Tilik Warga menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Yogyakarta yang berkolaborasi dengan Baznas Kota Yogyakarta untuk memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

“Kali ini kami menyusuri rumah-rumah warga di Kampung Ledok Tukangan untuk memberikan bantuan kursi roda kepada salah satu warga yaitu Apriliana Dwi Ratri, yang sudah 20 tahun lebih terbaring di tempat tidur karena sakit, semoga setelah ini bisa terbantu agar bisa keluar rumah untuk menikmati udara segar dan berinteraksi dengan warga lain,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan, selain bantuan kursi roda juga diberikan paket sembako untuk keluarga Aprilia yang orang tuanya berprofesi sebagai pedagang mie ayam. Dengan harapan juga bisa sedikit membantu kebuuhan sehari-hari.

“Kegiatan Gowes Sambang Kampung Tilik Warga ini menjadi satu kegiatan Pemkot Yogyakarta bersama Baznas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi di wilayah secara langsung, kalau memang ada warga yang benar-benar perlu dibantu maka akan ditindaklanjuti agar segera diberikan bantuan,” terangnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat lakukan Gowes Sambang Kampung.

Singgih juga menyatakan, selain Tilik Warga dalam Gowes Sambang Kampung bertujuan untuk melihat potensi yang dimiliki kampung-kampung di Kota Yogyakarta. Seperti halnya UMKM kuliner di Kampung Tegalpanggung yang menjual aneka snack.

“Ada potensi yang dimiliki kampung-kampung di Kota Yogyakarta, salah satunya UMKM kuliner yang pada dasarnya bisa semakin dikembangkan melalui promosi secara digita ataupun konvensional. Harapannya dengan Tilik Warga ini makin banyak potensi kampung yang muncul ke permukaan,” katanya.

Sementara itu Sugiono, Orang Tua dari Apriliana yang menerima bantuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Yogyakarta dan Baznas Kota Yogyakarta atas bantuan kursi roda dan sembako yang diberikan.

“Ini sangat membantu sekali, dan memang kami membutuhkannya. Bantuan ini sangat tepat untuk anak kami yang mengalami lumpuh sejak lahir, terima kasih telah memberikan fasilitas kursi roda untuk anak kami yang semoga bisa membuat anak kami merasa senang bisa keluar rumah dan berinteraksi dengan temannya nanti,” ungkapnya. (Jul)

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat berikan bantuan kursi roda.