Penataan Kabel Fiber Optic Dukung Estetika Perkotaan

Umbulharjo-Tertarik dengan penataan dan pengendalian infrastruktur telekomunikasi sistem ducting jaringan di Kota Yogya, Pemkab Jombang belajar ke Pemkot Yogya.

Rombongan dari Pemkab Jombang ini dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Jombang, Sugiat. Pihaknya mengungkapkan tujuannya mengunjungi Kota Yogya lantaran Kabupaten Jombang akan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Tujuan kami ke Kota Yogya ingin belajar bagaimana cara mengatur penyelenggaraan telekomunikasi khususnya akses internet, dan penataan kabel fiber optik di Kota Yogya," ujarnya di Ruang Yudistira Balaikotq Yogya, Jumat (1/12/2023).

Sugiat berharap dengan kunjungan ini dapat memberikan titik terang terhadap permasalahan kabel fiber optik yang dialami di Kabupaten Jombang nantinya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat menerima kunjungan dari Penjabat Bupati Jombang.

Rombongan tersebut di terima oleh, Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo. Singgih mengungkapkan teknologi telekomunikasi dewasa ini menjadi pendukung kebutuhan pokok masyarakat.

"Contohnya adalah akses internet, namun seringkali terkait akses ini penataan kabel-kabel fiber optiknya kerap bertubrukan dengan estetika kota," katanya.

Menyikapi hal tersebut Pemkot Yogya berupaya menempuh penanganan lewat pemindahan dan penyederhanaan kabel fiber optik di Kota Yogya.

"Beberapa titik di Kota Yogya telah dilakukan penyerdehanaan kabel fiber optik, salah satunya dengan skema ducting atau penataan dan pemindahan kabel fiber optik menuju bawah tanah," bebernya.

Beberapa titik tersebut diantaranya adalah Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Sudirman, Jalan Suroto, Jalan Sultan Agung, hingga Jalan Malioboro.

"Jalan-jalan ini mempunyai peranan strategis di sektor pariwisata sebagai penopang Malioboro," jelasnya.

Diharapkan dengan penataan kabel fiber optik ini dapat mempercantik wajah Kota Yogya sehingga akan meningkatkan geliat pariwisata di kota pelajar ini. (Han)