Pemkot Yogya Dukung Penuh Penggalangan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Umbulharjo-Seluruh karyawan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya mendukung penuh penggalangan dana yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya untuk membantu korban di Palestina. Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas Kota Yogya, Syamsul Azhari saat ditemui di kantornya, Senin (14/9/2023).

"Alhamdulilah penggalangan dana ini mendapatkan respon baik dari seluruh karyawan Pemkot Yogya serta masyarakat Kota Yogya," ungkapnya.

Syamsul Azhari mengatakan selain dari karyawan Pemkot Yogya dan masyarakat penggalangan dana tersebut juga dilakuan di sekolah-sekolah.

"Sudah ada 11 SD dan 11 SMP yang ikut menggalang dana, selain itu juga ada beberapa bank, dan 35 takmir masjid," katanya.

Tak sampai disitu, lanjutnya, penggalangan ini juga dibantu oleh para relawan mahasiswa. "Contonya pada Jumat (1/12/2023) lalu telah diserahkan bantuan dari Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Fisika (HMPF) UGM sejumlah Rp.2.000.000," ujarnya.

Sampai saat inil dana yang terkumpul mencapai Rp.350.000.000. Dari jumlah tersebut yang telah ditasarufkan/diserahkan melaluii Baznas RI sejumlah Rp.225.000.000. 

Penggalangan dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina juga dilakukan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Yogya.

Pihaknya pun terus mengajak masyarakat untuk turut mengulurkan tangan diniatkan atas nama zakat, infak, dan sedekah. 

Syamsul Azhari menjelaskan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk Palestina, dapat melalui berbagai cara. Pertama dapat menyerahkan bantuan tersebut dengan datang langsung ke kantor Banzas Kota Yogya beralamat di Komplek Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta.

Kedua dapat melalui transfer Bank BPD DIY Syariah dengan nomor rekenining 801.111.000.054 atau melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomor rekening 444.111.1121. "Kedua bank ini atasnama Baznas Kota Yogyakarta," ungkapnya.

Ketiga masyarakat dapat memanfaatkan layanan jemput bola Baznas Koya Yogya. "Jemput bola ini dilayani setiap hari pukul 08:00 WIB sampai pukul 17:00 WIB," ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin membantu para korban Palestina dapat menyalurkannya melalui amil resmi. Baik Baznas maupun LAZ yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

Sementara itu Sekretaris Baznas Kota Yogya Misbahrudin menambahkan bantuan tersebut untuk memenuhi segala keperluan warga Palestina, baik dalam bentuk logistik, barang, atau keperluan lain.

Selain menggalang dana, katanya, Baznas Kota Yogya juga turut menginisiasi salat ghaib untuk para korban Palestina. (Han)