Yogyakarta City Run Susuri Setiap Sudut Kampung Wisata

UMBULHARJO - Sebanyak 55 peserta dari 11 komunitas running mengikuti Yogyakarta City Fun Run yang diselenggarakan oleh Jogja City Runner, Minggu (12/12).

Dimulai pukul 06.00 WIB Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengibarkan bendera atau flag off melepas para pelari yang akan melewati rute start Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta-Jalan Kusumanegara-Jalan Prof. DR. Soepomo SH-Jalan Warungboto-Jalan Veteran-Jalan Kusumanegara-Taman Gajah Wong-Gang Kartika-Jalan Timoho-Gang Pusponyidro-Jalan Kenari dan finish kembali ke Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta.

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo bersama peserta Yogyakarta City Fun Run saat berlari mengikuti rute yang ada.

Pihaknya mengatakan, pemilihan rute ini tidak hanya berlari namun juga mengunjungi pemukiman warga yang berada di sekitar Taman Gajah Wong dan menyapa para warga yang sedang rutin membersihkan depan halaman rumahnya

Sehingga para pelari ini tidak hanya berolahraga, tapi juga berwisata dengan melihat eksotika kawasan wisata sekitar Taman Gajah Wong yang sangat menarik untuk dijelajahi dan menambah euforia berlari sambil berwisata terasa.

“Kita masuk ke kampung-kampung wisata agar dapat memberikan rasa berlari yang berbeda. Semoga bisa rutin diadakan sebulan sekali, tidak akan ada habisnya dengan tema rute yang ada di Kota Yogyakarta,”jelas Singgih.

Sementara itu salah satu panitia Jogja City Runner Totok mengungkapkan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap para komunitas di Kota Yogyakarta.

 

Tidak hanya berlari, Singgih Raharjo juga menyapa warga di bantaran kali Gajah Wong.

Besar harapannya, event seperti ini akan terus berjalan. Sehingga tidak hanya menjadi ajang bulanan yang dapat dinikmati para runner di Kota Yogyakarta, tetapi bisa menginspirasi dan menarik perhatian para runner di luar Kota Yogyakarta.

“Terima kasih atas apresiasi dari pemerintah. Kegiatan ini pertama kali dilakukan dengan mengajak para pelari mengitari tempat yang berbeda dengan potensi yang berbeda. Semoga semakin banyak komunitas yang memanfaatkan potensi di Kota Yogyakarta dan semakin banyak yang Kota Yogyakarta untuk lari bukan di perkotaan,”ungkapnya.

Salah satu pelari dari komunitas Playon Jogja, Iis Kholifah mengatakan, jika ada kegiatan berlari sambil berwisata seperti ini akan mengikuti kembali.

Menurutnya, berlari hingga masuk ke kampung-kampung wisata ini sangat berkesan dan menarik. Terlebih bagi dirinya yang memang warga asli Kota Yogyakarta yang belum banyak mengetahui tempat-tempat wisata seperti di Taman Gajah Wong.

“Kita masuk ke kampung-kampung wisata sangat menarik dani seru lari keliling kota. Bahkan ada tempat wisata yang asik dari event ini jadi tahu tempat-tempat tersebut. Semoga ke depannya bisa berjelajah lagi dan masih banyak tempat-tempat yang perlu di eksplor,”ujarnya. (Hes)

Terlihat para peserta sangat menikmati berlari masuk (blusukan) kampung-kampung.
​​​​​