Taman Pintar Optimis Target 800 Ribu Pengunjung Tercapai

GONDOMANAN - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, kunjungan wisata di Taman Pintar mengalami peningkatan. Sampai dengan 30 November 2023 tercatat sebanyak 730.000 orang pengunjung. 

Jumlah tersebut hampir memenuhi target pengunjung di tahun 2023 yang ditargetkan berjumlah 800.000 orang.
Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya Kota Yogyakarta Retno Yuliyani saat ditemui pada hari Senin (13/12). Ia mengatakan, jumlah tahun 2023 ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 717.837 pengunjung.
“Libur Nataru 2024 ini kami optimis mencapai target. Karena jumlah target 800.000 pengunjung ini masih dalam tahap menuju normal. Semoga harapannya, wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta ini selain bisa menikmati Kota Yogyakarta juga bisa bermain bersama keluarga di Taman Pintar dengan berbagai zona yang ada,” jelasnya.

Salah satu zona baru 'Nglaras Budaya' yang ada di Taman Pintar Yogyakarta.

Retno mengatakan, dalam sehari Taman Pintar menerima kunjungan sebanyak 3000 orang. Bahkan di tanggal 9 Desember 2023 kunjungan Taman Pintar bisa mencapai 6.000 orang.
Menurutnya, Zona Oval Kotak paling banyak dikunjungi wisatawan. Dimana wahana yang lebih lengkap dan mencakup semua ilmu pengetahuan dan teknologi dengan alat peraga interaktif dari lantai satu sampai lantai tiga tiga dengan harga tiket yang terjangkau. 
Untuk anak-anak harga tiket Zona Oval Kotak Rp 12 ribu. Sedangkan dewasa dengan harga Rp 20 ribu saja.
Retno mengatakan, pada saat hari biasa kunjungan didominasi oleh kunjungan wisata study tour dari sekolah-sekolah di berbagai wilayah baik dari DIY maupun luar wilayah Kota Yogyakarta.
Selain itu, pihaknya menambahkan, tahun ini Taman Pintar memiliki zona baru diantaranya zona Peraga Digital Bicycle, Peraga Multi Shape Mirror, Peraga Sepeda Roda Kotak, Zona Sea Life (CEDEA), Zona Metalurgi, dan Zona Nglaras Budaya.
“Kita terus berinovasi dengan menambah spot edukasi anak. Sehingga Taman Pintar terus berkembang dan menjadi pilihan berlibur wisatawan,”ujarnya.
Ia mengungkapkan, untuk target di tahun 2024 akan mempercantik Zona Kehidupan Purba. Sehingga harapannya, dapat menambah ketertarikan wisatawan untuk datang ke Taman Pintar Yogyakarta.
Sementara itu, salah satu pengunjung Annisa Salsabila warga Jakarta mengatakan, sudah berkali-kali mengajak keluarganya berwisata ke Taman Pintar Yogyakarta.

Terlihat berbondong-bondong wisatawan datang ke Taman Pintar untuk menikmati spot-spot yang ada disana.

“Memang Taman Pintar ini menjadi salah satu destinasi wajib kalo ke Kota Yogyakarta, dan biasanya kesini sama anak-anak dan keluarga. Di sini spot-spotnya selain menghibur juga ada edukasinya juga. Jadi tidak hanya bermain tapi juga belajar,”ungkapnya.
Ia berharap, semua spot yang ada di Taman Pintar terus terjaga baik dari segi peralatan dan juga gedungnya. Sehingga, wisatawan yang datang merasa nyaman menikmati zona yang ada di Taman Pintar. (Hes)