Sepuluh Perangkat Daerah Terbaik Peroleh Penghargaan

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya berikan penghargaan tata kelola pemerintahan terbaik kepada sepuluh perangkat daerah di lingkupnya. Juara pertama diraih oleh Dinsosnakertrans, kedua diraih Bappeda, ketiga Sekretariat Daerah, keempat Dindukcapil.

Untuk juara kelima diraih Kemantren Wirobrajan, Keenam Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, ketujuh DP3AP2KB, kedelapan Kemantren Gondomanan, kesembilan DPMPTSP, dan kesepuluh diraih oleh Kemantren Danurejan.

Untuk juara terbaik pertama sampai dengan tiga, penghargaan diserahkan oleh Inspektur Kota Yogya. Sementara juara terbaik keempat sampai dengan sepuluh, penghargaan diserahkan oleh Sekda Kota Yogya.

Inspektur Kota Yogya, Fitri Paulina Andriani mengatakan tujuan pemberian penghargaan tersebut adalah untuk memberikan motivasi agar setiap perangkat daerah di lingkup Pemkot Yogya dapat terus meningkatkan kualitas tatakelola pemerintahan.

"Penghargaan ini juga untuk mendorong perbaikan tiap perangkat daerah terhadap pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)," bebernya di H-Boutique Hotel, Selasa (12/12/2023).

PIhaknya mengatakan untuk tahun 2023 kriteria penilaian berdasarkan pada perhitungan jumlah 50% nilai evaluasi SAKIP ditambah 50% nilai maturitas SPIP.

"Untuk tahun ini kami tidak menerapkan penilaian pelaksanaan reformasi birokrasi karena tahun ini ada perubahan penilaian dari pemerintah pusat," ujarnya.

Inspektur Kota Yogya saat menyerahkan penghargaan tata kelola pemerintahan terbaik kepada para perangkat juara pertama sampai juara ketiga.

Sementara itu Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya menyambut baik acara tersebut dan memberikan apresiasi kepada sepuluh perangkat daerah terbaik.

"Capaian tersebut tidak hanya capaian pimpinannya saja, tetapi merupakan kerja keras seluruh karyawan. Ini yang wajib dipertahankan dan ditingkatkan prestasinya,” tandasnya.

Pihaknya pun mengajak kepada seluruh perangkat daerah untuk terus meningkatkan inovasi dalam tata kelola pemerintahan. Karena menurutnya dengan meningkatkan tata kelola pemerintahan akan mendukung capaian penilaian SAKIP dan SPIP yang semakin baik untuk Pemkot Yogya.

"Perubahan yang kita lakukan hari ini akan menciptakan pemerintahan yang lebih responsif, transparan, dan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat," katanya.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogya, Maryustion Tonang mengungkapkan rasa syukurnya karena perangkat daerah yang dipimpinnya mampu meraih nilai tertinggi dalam penghargaan tersebut.

Ia berharap torehan tersebut dapat menjadi penyemangat dan motivasi untuk menyambut tahun depan lebih baik lagi. "Kami akan terus memberikan yang terbaik untuk pembangunan Kota Yogya,” katanya. (Han)