Walikota Cup 2023 Tumbuhkan Bibit Atlet Bulutangkis Berprestasi dari Kota Yogya

GONDOKUSUMAN- Sebanyak 270 atlet dari 21 klub bulutangkis se Kota Yogyakarta mengikuti Walikota Cup antar Klub Cabang Olahraga (Cabor) Bulutangkis Kota Yogyakarta Tahun 2023, pada 14-17 Desember 2023 di Gedung Olahraga (GOR) SMP Negeri 1 Yogyakarta.
Pada kesempatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo dengan simbolis memainkan bulutangkis. Pemerintah Kota Yogyakarta berharap melalui kegiatan ini akan tumbuh banyak pembibit atlet bulutangkis yang dapat meraih banyak prestasi.
Kegiatan ini juga dihadiri jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Yogyakarta dan DIY, orang tua wali, serta pelatih.
“Harapannya akan tumbuh atlet bulutangkis dengan cara pembibitan yang berkesinambungan. Selain itu, harapapannya, para atlet menjalin sportifitas agar nantinya siap menghadapi laga berikutnya, yang terdekat adalah Porda DIY di tahun 2025,”jelas Singgih saat membuka Walikota Cup Cabor Bulutangkis antar Klub Kota Yogyakarta Tahun 2023 di GOR SMP Negeri 1 Yogyakarta, Kamis (14/12).
Pihaknya juga mengatakan, dukungan ini tidak hanya datangnya dari pemerintah saja, namun yang terpenting adalah peran orang tua dalam memberikan semangat dan dukungan kepada anak-anaknya.
Sehingga, anak-anak akan semakin bersemangat mengikuti laga berikutnya dengan tenang dan penuh optimisme.
“Saya titip kepada orang tua yang membersamai anak-anak untuk terus menyemangati mereka bertanding. Sehingga orang tua akan merasakan hasil sesuai dengan kemampuan anak-anak mereka,”ungkapnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo secara simbolis membuka Walikota Cup antar Klub Cabang Olahraga (Cabor) Bulutangkis Kota Yogyakarta Tahun 2023 dengan menangkis bulutangkis.

Singgih juga mengucapkan, terima kasih dan mengapresiasi untuk semua pihak yang terkait. Ia berharap, dengan apa yang diupayakan akan memberikan dampak positif, baik bagi para atlet, klub bulutangkis, orang tua dan Kota Yogyakarta.
Sementara itu, Ketua Panitia Walikota Cup Cabor Bulutangkis antar Klub Kota Yogyakarta Tahun 2023, Kumoro Sugiarto mengungkapkan, kegiatan ini diadakan setiap tahun. Untuk tahun ini nantinya, pemenang Walikota Cup Cabor Bulutangkis antar Klub Kota Yogyakarta Tahun 2023 akan mengambil perwakilan dari Kota Yogyakarta untuk maju pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bulutangkis di tingkat DIY.
Kohrobi yang sering disapa menambahkan, untuk usia atlet, ajang ini bisa diikuti mulai dari usia 6 tahun hingga 18 tahun dengan kategori baik tunggal, ganda hingga ganda campuran.
“Terima kasih kepada pemerintah yang sampai saat ini terus mendukung acara ini. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan berkesinambungan,”ujarnya.

Ketua Panitia Walikota Cup Cabor Bulutangkis antar Klub Kota Yogyakarta Tahun 2023, Kumoro Sugiarto saat memberikan sambutan.

Ia mengungkapkan, cabang olahraga bulutangkis merupakan olahraga andalan di Indonesia.
Bahkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Yogyakarta juga mendukung dengan mewajibkan sekolah-sekolah memiliki ekstrakurikuler bulutangkis.
“Memang cabang olahraga yang bagus selain angkat besi adalah bulutangkis. Dimana olahraga ini banyak meraih kejuaraan dan menjadi andalan di Indonesia. Dengan adanya ekstrakurikuler di sekolah-sekolah kami merasa terbantu dan di support untuk melahirkan atlet berbakat di Kota Yogyakarta,”ungkapnya.
Ia berharap, pemerintah memberikan peluang usaha maupun pekerjaan lainnya bagi  atlet yang sudah purna atau pensiun.
Sehingga apa yang diberikan untuk membanggakan Kota Yogyakarta dapat menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi mereka.

Arka Brian Partasuta (7) salah satu peserta termuda pada ajang Walikota Cup antar Klub Kota Yogyakarta Tahun 2023.

Salah satu atlet bulutangkis termuda, Arka Brian Partasuta (7) mengaku bangga mengikuti ajang ini.  Walikota Cup antar Klub Kota Yogyakarta Tahun 2023 menjadi ajang yang pertama kali diikutinya.
Selain itu, pihaknya mengaku mengikuti ajang ini tidak berdasarkan suruhan orang tua ataupun keluarga lainnya.
“Senang saja ikut ajang bulutangkis ini. Selain bisa bertemu teman satu klub untuk bertanding, juga menambah teman karena banyak dari klub-klub lain yang hebat,”ungkapnya. (Hes)