Gowes Sambang Kampung Serahkan Bantuan Modal Alih Usaha

Umbulharjo-Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengawali kegiatannya di hari Jumat (15/12/2023) pagi dengan bersepeda bersama. Kali ini ia ditemani oleh kelompok sepeda Yok Gowes Paseduluran Yogya (Yosega). 

Berangkat dari Rumah Dinas Walikota Yogyakarta pukul 06:15 WIB rombongan ini langsung menuju ke Kampung Sudagaran, Tegalrejo. Orang nomor satu ini memang kerap bersepeda tiap jumat pagi untuk berkunjung ke kampung-kampung dan silaturahmi dengan warga. 

Menurut Singgih dengan bersepeda menyusuri kampung dapat melihat berbagai potensi dan permasalahan di kampung. "Ini untuk menyapa warga. Hal itu akan menjadi bahan masukan bagi perangkat daerah terkait untuk melakukan kegiatan lebih lanjut," bebernya.

Saat gowes juga dilakukan penyerahan bantuan yang bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta. Bantuan difungsikan untuk pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan berbasis masyarakat.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat memberikan bantuan kepada warga Kampung Sudagaran.

Ketua Baznas Kota Yogya, Syamsul Azhari mengatakan bantuan tersebut berupa  tambahan modal usaha bagi 12 orang yang telah beralih usaha sejumlah Rp.42.000.000. 

"Alhamdulillah sejak bulan April 2021, seluruh peternak babi yang ada di Kampung Sudagaran sebanyak 12 orang, telah beralih ke usaha lain, yakni 2 orang beralih usaha toko kelontong, 3 orang jualan barang bekas, 6 orang produksi tahu, dan 1 orang beralih ternak sapi," jelasnya.

Selain itu diserahkan pula bantuan bahan makan sebanyak 100 paket sejumlah Rp.10.500.000, dan bantuan operasional masjid Baabul Jannah serta TPA Baabul Jannah, sejumlah Rp.13.000.000.

"Seluruh dana yang didistribusikan untuk program Kampung Sudagaran Sejahtera sampai dengan saat ini mencapai Rp.266.670.000 yang dipergunakan untuk program agama dan program ekonomi," bebernya.

Salah satu penerima bantuan, Jumiyanto mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Pihaknya bersyukur atas sejumlah bantuan bahan-bahan pokok bermanfaat untuk keluarganya.

“Saya sangat berbahagia dan bersyukur atas apa yang telah diberikan kepada kami. Sangat bermanfaat untuk keluarga kami. Terima kasih atas perhatian yang diberikan,” ungkapnya.

Setelah puas menyusuri Kampung Sudagaran, rombongan ini menuju kantor BPD DIY Cabang Senopati. (Han)