Pemkot Jamin Keamanan Fasilitas Objek Wisata di Yogya

Umbulharjo-Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya melakukan pengecekan di beberapa tempat wisata. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko yang berkaitan dengan keselamatan para wisatawan, mengingat banyak wisatawan yang akan berkunjung saat libur Nataru. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan pengecekkan ini untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat maupun wisatawan sepanjang singgah di Kota Yogya.

Beberapa tempat wisata yang dikunjungi adalah Gembira Loka (GL) Zoo, XT Square, dan Galeria Mall. "Ini untuk melihat persiapan destinasi wisata dalam menerima kunjungan wisatawan dalam jumlah banyak nanti," katanya di GL Zoo, Senin (18/12/2023).

Dari hasil peninjauannya tersebut Wahyu menjelaskan mitigasi yang dilakukan oleh  GL Zoo dalam menerima lonjakan wisatawan terbilang cukup bagus. "GL Zoo sudah cukup bagus dalam hal menerima kunjungan wisatawan dalam jumlah besar," ujarnya.

Wahyu memperkirakan pergerakan wisatawan terbesar terjadi mulai tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2024.

"Target kami untuk Kota Yogya sebesar 1,8 Juta di tahun ini. Akhir November kemarin dari hasil statistik sudah berhasil mendatangkan wisatawan sekitar 4 jutaan," pungkasnya.

Menurutnya kawasan Tugu Malioboro Keraton (Gumaton) masih menjadi destinasi utama yang akan dikunjungi wisatawan. 

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga mengimbau kepada para pelaku wisata agar tidak mengambil kesempatan saat libur Nataru.

Rombongqn dari Pemkot Yogya saat mengecek sarana prasarana di GL Zoo guna memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan jelang libur Nataru.

"Jangan sampai nanti dengan kunjungan wisatawan yang melonjak para pelaku wisata melakukan aji mumpung dengan nuthuk harga," tegasnya.

Menurutnya praktik-praktik tersebut dapat berdampak pada citra buruk pariwisata di Kota Yogya. Selain itu, wisatawan akan menjadi enggan untuk datang kembali ke Kota Pelajar ini. 

"Maka kami harapkan pelaku wisata untuk tetap menetapkan tarif sesuai dengan kewajaranya saja," tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama GL Zoo Tirtodiprojo mengaku siap memberikan pelayanan yang optimal kepada wisatawan. "Pelayanan optimal ini tidak hanya kami lakukan ketika libur Nataru saja, di hari biasapun kami tetap menerapkan hal itu," tandasnya.

Bahkan, lanjutnya, GL Zoo tidak hanya berfokus pada keselamatan wistawan saja, namun keselamatan satwa dan karyawan juga merupakan hal terpenting.

"Ada tiga hal yang menjadi fokus kita, pertama keselamatan pengunjung, kedua satwa, dan ketiga keselamatan para petugas," imbuhnya.

Tirtodiprojo mengungkapkan menjelang libur Nataru ini pihaknya juga akan menambah beberapa satwa agar para pengunjung merasa puas.

"Ada beberapa satwa yang kami tambah, seperti rakun dan monyet capuchin, mereka belum kami display karena masih dalam pelatihan," bebernya. (Han)