KPPN Apresiasi Pemkot Yogya Tercepat Penyaluran DAK Fisik


 

Umbulharjo - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Yogyakarta mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Yogya yang telah melakukan berbagai upaya dalam penyaluran dananya. Pemkot Yogyakarta telah melakukan Penyaluran Transfer Ke Daerah (TKD) yang paling cepat dengan tingkat realisasi penyaluran paling besar yaitu hampir 100 persen. 

 

Hal tersebut disampaikan Kepala KPPN Yogyakarta Arvi Risnawati pada kunjungannya ke Balai Kota Yogyakarta, Kamis (21/12). Kunjungan ini diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo di ruang kerjanya.

 

“Menurut hasil penilaian KPPN pusat, Pemerintah Kota Yogyakarta ini sangat cepat dalam penyaluran maupun mengeksekusi dana-dana, terutama Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di lingkup Kota Yogyakarta itu lebih baik dari pemerintah daerah yang lain,” tutur Arvi.

 

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah melaksanakan realisasi dengan cepat dan tepat sasaran. Tentu pihaknya berharap penyaluran dana transfer ini bisa ditingkatkan lagi di tahun 2024 mendatang.

 

“Dan harapannya ini nanti penyaluran dana khususnya DAK fisik bisa segera dieksekusi dan tentunya kalau sudah dieksekusi itu bisa memberikan multiplayer efek kepada masyarakat yang ada di wilayah Kota Yogyakarta,” tambahnya.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan penghargaan kepada KPPN Yogyakarta atas peran aktifnya dalam melakukan pendampingan terkait penyaluran transfer ke daerah tahun 2023

 

Singgih Raharjo dalam kesempatan ini menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian KPPN Yogyakarta yang telah mengawal Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan penyaluran dana. Selain itu, pihaknya mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta juga berterima kasih atas dana hibah sekitar Rp 1,7 milyar yang diperuntukkan untuk pengembangan dan penanganan sanitasi air hujan dan limbah di Kota Yogyakarta.

 

“Kami di Pemerintah Kota Yogyakarta selalu melaksanakan koordinasi dan sinergi dengan perangkat daerah yang berkepentingan untuk terus berupaya dalam melakukan penyaluran dana dengan cepat dan tepat sasaran, sesuai dengan aturan yang ada,” tandasnya.

 

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Yogyakarta Dwi Lestari Setyaningsih mengungkapkan penyaluran transfer dana pemerintah pusat ke Kota Yogyakarta tahun 2023 telah terealisasi hingga 18 Desember 2023 mencapai 99,19 persen.

 

“Pada tahun 2022 Pemerintah Kota Yogya menerima penghargaan dari KPPN atas penyaluran DAK fisik tercepat di tahun anggaran 2021. Indikator penilaiannya berdasarkan kecepatan, ketepatan, dan keakuratan dalam pengelolaan dokumen untuk pencairan,” jelasnya.

 

Suasana diskusi

 

Pihaknya mengaku bahwa penyaluran DAK fisik dengan cepat dan tepat bukan suatu hal mudah, namun Pemerintah Kota Yogyakarta terus mendorong seluruh perangkat daerah untuk bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. (Chi)