Peran Strategis BAZNAS Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Umat

 

 

Umbulharjo – Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Badan Amil Zakat (BAZNAS) D I Yogyakarta di Gedung DPD RI DIY pada Selasa, (19/12/2023).

 

Dalam kesempatan tersebut Singgih menyampaikan bahwa BAZNAS memiliki peran strategis sebagai lembaga yang mengumpulkan dan menyalurkan zakat dan sadaqoh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum sehingga manfaatnya dapat dirasakan di sektor sosial dan perekonomian masyarakat.

 

“BAZNAS ini organisasi yang sangat strategis menurut saya, karena bertujuan untuk mengumpulkan zakat dan sodaqoh yang diberikan ASN maupun masyarakat secara luas dan kemanfaatnnya bisa kita rasakan baik untuk sosial kemasyarakatan juga untuk pemberdayaan ekonomi,” ujarnya.

 

RAKORDA BAZNAS di Gedung DPD RI DIY, Selasa (19/12)

 

Singgih juga menyampaikan peran BAZNAS dalam menaikkan indeks perekonomian Kota Yogyakarta saat Covid – 19 yang melanda 2 tahun yang lalu. Dan hingga saat ini Pemkot bersama BAZNAS masih menjalankan progam untuk menunjang perekonomian masyarakat yang dikemas dalam progam Sambang Kampung Tilik Warga

 

“Pada saat covid-19 itu semua ekonomi melemah, semua kehilangan penghasilan. Jogja itu pertumbuhan ekonominya minus sekitar lima koma sekian, kemudian mulai naik sedikit dan BAZNAS hadir pada saat itu untuk menyantuni warga yang kehilangan penghasilan,” jelasnya

 

“Di kota ini kita punya progam sambang kampung tilik warga, dengan bersepeda kemudian kita ke kampung memberi bantuan kepada warga sekitar, bahkan jika ada kelompok masyarakat yang membutuhkan untuk usahanya kita bantu juga,” lanjutnya.

 

Singgih berharap momentum RAKORDA ini sebagai kesempatan silaturahmi dan betukar pengalaman agar BAZNAS dapat meningkatkan kinerja untuk kemaslahatan umat.

 

Baznas Kota Yogyakarta menjadi percontohan untuk Baznas daerah lainnya

 

“Forum ini adalah forum baznas se-Daerah Istimewa Yogyakarta bertemunya BAZNAS kota, kabupaten dan DIY, Saya berharap disini ada semacam ajang silaturahmi juga ajang untuk saling bertukar pengalaman bagaimana implementasi BAZNAS di wilayahnya masing-masing, yang baik akan ditiru sama yang lain, semangatnya sama adalah untuk kemaslahatan umat,” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua BAZNAS DIY Puji Astuti meyampaikan bahwa inovasi yang dilakukan Baznas Kota Yogyakarta sangat bagus dan perlu dicontoh agar BAZNAS bisa menjadi lebih baik lagi. “Inovasi dari BAZNAS kota ini sangat bagus ya memiliki system yang jadi satu dengan pemkot, sehingga memudahkan masyarakat,” jelasnya. (syf)