Tingkatkan Perekonomian Kampung Lewat Yogowes Monalisa

Tegalrejo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya kembali menggelar giat bersepeda bersama bertajuk Yogowes menikmati harmoni Kota Yogya dengan Jalur Sepeda Wisata (Monalisa). Kali ini tema yang dipilih adalah jajah kampung susur sungai.

Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo pun tak luput dalam acara gowes bersama puluhan komunitas peseda tersebut. Orang nomor satu ini memang kerap bersepeda tiap jumat pagi untuk berkunjung ke kampung-kampung dan silaturahmi dengan warga. 

Berangkat dari kantor Dinas Pariwisata Kota Yogya pukul 06:30 WIB rombongan ini langsung menuju ke Kelurahan Kricak, Tegalrejo. Memasuki Kelurahan Kricak, Singgih dan rombongan disuguhkan berbagai potensi yang ada seperti berbagai jenis kuliner, jamu tradisional, dan atraksi budaya.

Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo saat meninjau berbagai jenis kuliner yang dibuat oleh masyarakat Kricak.

Pada kesempatan tersebut Singgih mengungkapkan kelurahan yang berada di sebelah utara Kota Yogya ini memiliki kampung dengan berbagai potensi yang harus bisa diketahui oleh para wisatawan. 

"Apalagi daya tariknya memiliki kekhasan tersendiri mulai dari seni budaya, kuliner, hingga wisata air/tempat untuk outbound," ujarnya di Kelurahan Kricak, Jumat (22/12/2023).

Untuk itu, lanjutnya, pada gowes kali ini sengaja mengajak berbagai komunitas pesepeda dengan harapan mereka dapat menghubungkan dengan komunitas- komunitas lain sehingga menjadi satu kesatuan yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di Kota Yogya.

"Ekonomi Kota Yogya bersumber dari aktivitas pariwisata. Kampung wisata yang memiliki beragam potensi harus bisa diketahui oleh masyarakat luas," katanya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat agar melibatkan pihak swasta dalam menggerakan wisata di kelurahan tersebut. "Misalnya melibatkan unsur perhotelan, karena di wilayah Kricak terdapat banyak hotel. Pariwisata ini merupakan ekosistem, jadi harus bergerak bersama, semua unsur harus aktif," tandasnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat meresmikan signage atau peta wisata yang ada di wilayah Kricak.

Dalam gowes ini juga dilakukan peresmian signage atau peta wisata yang ada di wilayah Kricak. Papan petunjuk berwarna orange ini berfungsi sebagai pamandu pasif jika wisatawan berkunjung di wilayah  Kricak.

“Dengan adanya peta wisata inj diharapkan dapat menjadi salah satu informasi tambahan bagi wisatawan yang akan melakukan berkunjung ke Kelurahan Kricak," bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan Yogowes Monalisa pada dasarnya hadir sebagai program untuk mendukung serta mendorong pembangunan Kota Yogya dari sisi pariwisata.

“Yogowes Monalisa sebagai sport tourism menjadi daya tarik wisata baru di masyarakat. Harapannya wisata di wilayah Kota Yogya selalu ramai dan semakin ramai," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Yogowes juga menjadi salah satu ajang untuk mempopulerkan kembali kegiatan bersepeda di Yogyakarta.

Wahyu berharap program tersebut mampu menjaga iklim pariwisata yang terus tumbuh dan membawa manfaat. 

"Melalui paket wisata gowes ini wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan suasana Kota Yogya melainkan juga mensukseskan kegiatan berolahraga," harapnya. (Han)