Pusat Informasi Kotabaru Sajikan Wawasan Sejarah Hingga Pesona Wisata

Gondokusuman - Pemerintah kota Yogyakarta meresmikan layanan Pusat Informasi Kota Baru pada Jumat (22/12) yang berlokasi di teras Dinas Pariwisata. Layanan ini hadir sebagai media untuk masyarakat memperoleh informasi terkait potensi yang dimiliki wilayah Kotabaru.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta yang juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Kotabaru Aman Yuriadijaya mengatakan kehadiran Pusat Informasi Kotabaru menjadi satu bukti nyata, atas komitmen Pemkot dalam membranding kawasan cagar budaya Kotabaru sebagai satu hal yang harus diketahui masyarakat secara luas termasuk wisatawan.

"Ini menjadi satu tahapan nyata dari apa yang telah kita diskusikan dan kerjakan bersama anggota Forum Komunikasi Kotabaru, untuk memperkuat branding kawasan cagar budaya Kotabaru sebagai satu wilayah yang punya nilai lebih untuk dieksplorasi dan dikunjungi," katanya.

Pusat Informasi Kotabaru. 

Menurutnya kawasan Kotabaru yang memuat empat unsur yaitu garden city, indische, premium dan malam hari menjadi daya tarik yang dapat menambah pesona Kota Yogyakarta bagi para wisatawan. Untuk itu kehadiran Pusat Informasi Kotabaru menjadi penting dalam menambah kesiapan bersama antar berbagai pemangku kepentingan, menyediakan informasi dan konten berkualitas kepada masyarakat juga wisatawan.

"Penguatan ekosistem dan kolaborasi antar pihak yang terlibat menjadi satu hal penting yang akan terus kita tinjau, agar koneksi antar titik bisa menghasilkan kerja-kerja yang efektif dan efisien untuk pengembangan kawasan Kotabaru," terangnya.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menyampaikan, Pusat Informasi Kotabaru yang operasionalnya akan dimulai pada awal tahun 2024 harapannya dapat memberikan lebih banyak manfaat untuk pengembangan kawasan cagar budaya Kotabaru, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Layanan ini hadir menjadi satu fitur yang tidak hanya secara fisik hadir bagi masyarakat, tapi juga secara digital yang memuat berbagai informasi terkait potensi kawasan Kotabaru. Dengan harapan manfaatnya semakin berdampak bagi keberlanjutan pariwisata Kota Yogyakarta serta peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pusat Informasi Kotabaru. 

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono mengungkapkan, Pusat Informasi Kotabaru merupakan wujud komitmen bersama untuk membuat Kotabaru menjadi satu kawasan yang semakin dikenal. 

"Ini merupakan upaya untuk menegaskan Kotabaru sebagai sesuatu yang harus dilihat di Kota Yogyakarta, melalui layanan berbasis sistem informasi yang menyajikan konten seputar sejarah, berita, galeri, event dan potensi investasi di kawasan Kotabaru," ungkapnya. 

Layanan Pusat Informasi Kotabaru selain bisa dikunjungi secara langsung di Teras Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga bisa diakses secara daring melalui laman kotabaru.jogjakota.go.id untuk mendapatkan informasi lengkap seputar sejarah, wisata, kuliner, even juga berbagai potensi yang dimiliki kawasan cagar budaya Kotabaru. (Jul)